Tips Mengelola Keuangan yang Efektif Supaya Bisnis Semakin Berkembang

- 19 Januari 2022, 17:55 WIB
ILUSTRASI :  Tips Mengelola Keuangan yang Efektif Supaya Bisnis Semakin Berkembang
ILUSTRASI : Tips Mengelola Keuangan yang Efektif Supaya Bisnis Semakin Berkembang /PIXABAY

 

CilacapUpdate.com - Pernah mendengar istilah Cash is The King? Makna utama dari istilah ini adalah ketika kamu memiliki cukup uang kas, kamu akan memiliki fleksibilitas dan kemudahan dalam hal keuangan.

Nah, selama masa pandemi tentunya Teman-teman Pelapak juga kerap mengalami tantangan dalam mengatur cashflow seperti menjaga arus kas pemasukan dan pengeluaran, penjualan menurun, persediaan menumpuk dan perlu modal bisnis.

Lalu apa strategi keuangan yang bisa Teman-teman Pelapak terapkan? Di kelas online Komunitas Bukalapak, Prita Ghozie, CEO ZAP Finance, berbagi tips untuk mengelola cashflow. 

Simak Tips Mengelola Keuangan yang Efektif Supaya Bisnis Semakin Berkembang berikut ini. 

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Berikut Tips Mengelola Modal Secara Maksimal di Masa Pandemi

1. Pahami persoalan yang dihadapi

Memiliki sejumlah uang kas membantu kamu untuk menjalani kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan belanja produk, biaya operasional, hingga gaji karyawan. Urutkan dari yang paling genting hingga yang dapat ditunda.

Oleh karena itu, pelaku usaha harus mempunyai neraca usaha. Agar pelaku usaha dapat mampu mencatat sehingga menyeimbangan nilai aset dengan kewajiban terhadap pinjaman yang dilakukan kepada pihak ketiga seperti perbankan, atau lembaga keuangan lainnya.

2. Buat simulasi kondisi terburuk

Bukan berarti berpikir negatif atau pesimis, tapi pebisnis pun harus realistis. Misalnya, ajukan pertanyaan pada diri sendiri seperti: Kira-kira dampak pandemi ini akan berapa lama? Apakah ada pilihan sumber penghasilan lain? Bagaimana jika harus menutup sementara?

Baca Juga: Kenali Jenis Investasi yang Tepat untuk Pemula, Cara Berikut ini Cocok dipraktikan Pebisnis Online

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x