Masih Soal Ghazali, Benarkah NFT adalah Masa Depan Seni Digital atau Fenomena Sesaat

- 18 Januari 2022, 06:00 WIB
Sepekan terakhir berita terkait NFT (Non-Fungible Token) menjadi buruan banyak orang. Terlebih setelah pemuda bernama Ghozali mendadak menjadi Sultan setelah menjual ratusan foto selfienya.
Sepekan terakhir berita terkait NFT (Non-Fungible Token) menjadi buruan banyak orang. Terlebih setelah pemuda bernama Ghozali mendadak menjadi Sultan setelah menjual ratusan foto selfienya. /twitter @Ghozali_Ghozalu

 

CilacapUpdate.com - Masih soal pemuda bernama Ghazali yang semakin membuat NFT marak diperbincangkan dan digadang-gadang menjadi investasi menjanjikan dalam sepekan terakhir.  Apakah secerah itu masa depan NFT?

NFT atau Non Fungible Token merupakan istilah yang sebenarnya sudah lama dikenal sejak 2014, tetapi di Indonesia mendadak populer setelah ada pemuda asal Indonesia berhasil menjual foto selfie berformat NFT seharga Rp13,8 miliar. Apa itu NFT sebenarnya?

NFT adalah Non-Fungible Token yang merepresentasikan nilai dari suatu karya dalam berbagai bentuk yang tidak dapat digantikan.

NFT bisa diibaratkan sebagai sertifikat kepemilikan suatu karya aset digital. Aset yang dimaksud bisa foto atau gambar, video, musik, GIF, PNG, dan lainnya.

Baca Juga: Ghozali Mendadak Jadi Sultan Karena NFT, Berikut Penjelasan Soal Non-Fungible Token

Pada umumnya NFT memiliki kode dan sistem yang sama dengan kebanyakan crypto, yaitu melalui blockchain. Item NFT biasanya hanya ada satu atau memiliki jumlah yang sangat terbatas dengan kode unik untuk alat autentifikasi sebagai bukti kepemilikan.

Terlepas dari cara kerjanya, apakah NFT ini benar masa depan seni digital atau hanya menjadi fenomena sesaat? Akan seperti apa masa depan dari NFT mari cek ulasannya di sini .

Potensi NFT, Akankah hanya Populer Sesaat?

NFT seharusnya menjadi kabar baik bagi industri kreatif. Sebab mampu menambahkan kelangkaan dan eksklusitivitas karya pembuat dari lingkungan digital yang semakin cair. Namun, bagaimana kenyatannya?

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah