Ghazali Bisa Kaya Mendadak, Bagaimana Cara Kerja NFT dan Alasannya Bisa Mahal

- 18 Januari 2022, 06:50 WIB
ilusterasi NFT
ilusterasi NFT /TheDigitalArtist/Pixabay

 

CilacapUpdate.com - Pemuda bernama Ghozali mendadak menjadi Sultan (baca : kaya) setelah berhasil menjual ratusan foto selfienya dengan nilai miliaran rupiah.

Melalui NFT memungkinkan kita menjual dan membeli karya seni digital dengan kripto. Sebenarnya bagaimana cara kerja NFT dan kenapa bisa mahal berikut ulasannya.

NFT sudah ada sejak 2014 silam. Namun, popularitasnya baru mulai meningkat saat akhir 2017 dan semakin meningkat pada akhir 2021. NFT menjadi cara yang semakin populer untuk melakukan jual-beli karya seni digital.

NFT memperjualbelikan hak kepemilikan karya seni yang bersifat digital. Berbeda dengan aset karya seni berbentuk fisik lainnya, beberapa orang skeptis apakah konsep ini dapat berjalan mulus.

Tetapi nyatanya, secara mengejutkan, sebanyak US$174 juta telah dihabiskan pada transaksi NFT sejak November 2017.

Baca Juga: NFT, Ketika Sebuah Karya Mendapat Apresiasi

Fenomena ini menjadi suatu tren yang diprediksi akan terus meningkat pada 2022. Sebagian besar aset NFT juga sering dijual dengan harga yang fantastis. Melihat perkembangannya yang cukup pesat, kira-kira bagaimana cara kerja NFT dan mengapa harganya bisa mahal.

Apa Itu NFT?

NFT (Non fungible Token) adalah aset digital yang mewakili objek yang ada di dunia nyata yang dibuat dalam bentuk seni, musik, item dalam game, dan video. Aset-aset tersebut diperjual-belikan secara online dan dibeli menggunakan cryptocurrency.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah