KUR BRI 2024 Resmi Dibuka: Ini Persyaratan, Suku Bunga, dan Plafon Pinjaman Hingga Rp500 Juta

- 8 Januari 2024, 17:46 WIB
KUR BRI 2024 Resmi Dibuka: Ini Persyaratan, Suku Bunga, dan Plafon Pinjaman Hingga Rp500 Juta/Dok BRI
KUR BRI 2024 Resmi Dibuka: Ini Persyaratan, Suku Bunga, dan Plafon Pinjaman Hingga Rp500 Juta/Dok BRI /

CilacapUpdate.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI telah memulai penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada awal Januari 2024 ini.

Seperti diketahui, pada KUR BRI 2023 lalu telah mengalokasikan dana sebesar Rp 270 triliun, dengan alokasi awal mencapai Rp 12 triliun pada bulan Maret 2023.

Untuk Penyaluran KUR BRI 2023 telah dimulai sejak 6 Maret 2023, menjangkau seluruh Indonesia, dan mendapat respon antusias dari masyarakat.

Suku bunga KUR BRI 2023 sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Nasabah KUR Mikro dan KUR Kecil yang baru pertama kali mengajukan pinjaman akan dikenakan bunga sebesar 6% efektif per tahun untuk pinjaman di atas Rp 10 juta.

Namun, bunga akan naik menjadi 7% untuk pinjaman kedua, 8% untuk pinjaman ketiga, dan seterusnya hingga mencapai 9% untuk pinjaman keempat dan seterusnya.

Baca Juga: Pembuat dan Pengedar Uang Palsu di Cilacap Ditangkap Polisi, Ribuan Lembar Upal Siap Edar Diamankan

Sedangkan, persyaratan KUR BRI 2024 berbeda sesuai dengan kategori nasabah. Berikut adalah persyaratan KUR BRI 2024 berdasarkan kategori:

  1. KUR BRI 2024 Supermikro:

    • Belum pernah menerima KUR.
    • Belum pernah menerima kredit investasi atau modal kerja komersial, kecuali untuk kredit konsumsi, skema ultramikro, atau pinjaman pada perusahaan layanan pendanaan berbasis teknologi informasi atau perusahaan pembiayaan berbasis digital.
    • Tidak ada batasan minimal waktu pendirian usaha.
    • Calon debitur dengan usaha kurang dari enam bulan harus memenuhi syarat tambahan seperti pendampingan, pelatihan kewirausahaan, tergabung dalam kelompok usaha, memiliki anggota keluarga yang memiliki usaha produktif dan layak.
    • Wajib memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha dari kelurahan, RT, dan RW.
  2. KUR BRI 2024 Mikro:

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x