16 Syarat KUR Mandiri 2024, Panduan Pengajuan Pinjaman, Bunga 0,2% Usia 21 Tahun Bisa Pinjam Rp500 Juta

- 8 Januari 2024, 17:00 WIB
16 Syarat KUR Mandiri 2024, Bunga, dan Panduan Pengajuan Pinjaman/Dok. Mandiri
16 Syarat KUR Mandiri 2024, Bunga, dan Panduan Pengajuan Pinjaman/Dok. Mandiri /

CilacapUpdate.com - Berikut ini adalah 16 Syarat pengajuan KUR Mandiri 2024, berikut Bunga, dan Panduan Pengajuan Pinjaman. 

Bank Mandiri menawarkan berbagai jenis pinjaman, salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bagi yang ingin mengajukan pinjaman ini, perlu memenuhi sejumlah syarat KUR Mandiri yang diterapkan.

Proses pengajuan pinjaman KUR Mandiri tergolong mudah dan cepat, namun perlu diperhatikan bahwa pinjaman ini hanya diberikan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki usaha aktif dan produktif.

KUR Mandiri memiliki keistimewaan dengan subsidi bunga dari pemerintah, sehingga bunganya lebih ringan dibanding pinjaman Bank Mandiri lainnya. Tujuan utama KUR Mandiri adalah meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Bank Mandiri menawarkan empat jenis pinjaman KUR, yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, KUR Penempatan TKI, dan KUR Khusus. Setiap jenis KUR memiliki limit dan jangka waktu pinjaman yang berbeda.

Baca Juga: Menilik Proyek Smelter Nikel Terbesar di Sulawesi Tengah yang Diklaim Mampu Kurangi Emisi Karbon

Jenis KUR Bank Mandiri:

  1. KUR Mikro: Maksimal pinjaman Rp. 25 Juta, jangka waktu maksimal 3 tahun (kredit pembiayaan modal) dan 5 tahun (kredit pembiayaan investasi).
  2. KUR Ritel: Limit kredit Rp. 25 Juta hingga Rp. 200 Juta, jangka waktu maksimal 3 tahun (kredit modal kerja) dan 5 tahun (kredit investasi).
  3. KUR Penempatan TKI: Khusus untuk nasabah yang ingin bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI), pinjaman mencapai Rp. 25 Juta dengan jangka waktu sesuai masa kontrak atau maksimal 3 Tahun.
  4. KUR Khusus: Pinjaman di atas Rp. 25 Juta hingga Rp. 500 Juta, diperuntukkan bagi pengusaha di bidang perkebunan, peternakan, dan perikanan rakyat.

Syarat Pengajuan KUR Mandiri:

  1. Mengisi aplikasi permohonan kredit.
  2. Usia minimal 21 tahun dan sudah menikah.
  3. Usia maksimal pada saat kredit lunas adalah 60 tahun.
  4. Fotokopi KTP suami dan istri yang mengajukan pinjaman.
  5. Fotokopi Kartu Keluarga.
  6. Pas foto terbaru calon debitur dan pasangan.
  7. Fotokopi surat nikah/cerai (bagi yang telah menikah/cerai).
  8. Fotokopi jaminan atau agunan berupa Sertifikat Tanah atau BPKB kendaraan bermotor dengan nilai sesuai pinjaman.
  9. Nilai jaminan pinjaman minimal 70% dan maksimal.
  10. Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang diterbitkan Pemerintah Daerah setempat dan/atau surat izin lainnya seperti surat keterangan usaha atau surat keterangan domisili usaha.
  11. Memiliki usaha produktif dan layak yang telah berjalan minimal 6 bulan.
  12. Untuk pengajuan KUR di atas Rp. 50 Juta, wajib menyerahkan fotokopi NPWP.
  13. Nasabah tidak sedang menerima kredit/pembiayaan dari bank lain, kecuali untuk kredit kepemilikan rumah, kredit/leasing kendaraan bermotor, kartu kredit, dan resi gudang.
  14. Calon debitur memiliki riwayat kredit yang baik dan tidak masuk daftar Blacklist BI Checking atau SLIK OJK.
  15. Untuk KUR Penempatan TKI, dimungkinkan berusia minimal 18 tahun, namun harus menyerahkan Surat Izin dari suami/istri/orang tua/wali untuk bekerja di luar negeri.
  16. Pengajuan KUR Penempatan TKI juga harus memiliki surat perjanjian kerja atau kontrak minimal 2 tahun yang ditempatkan oleh PPTKIS, Pemerintah, atau TKI yang bekerja secara perseorangan.

Suku Bunga KUR Mandiri: Suku bunga pinjaman KUR Mandiri dapat berubah sewaktu-waktu. Saat ini, Bank Mandiri menetapkan bunga KUR sebesar 0,2%, dengan suku efektif 6% per tahun. Untuk informasi terkini, hubungi Mandiri Call atau datang langsung ke kantor cabang Mandiri terdekat.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x