Apa Itu BI Checking, Bagaimana Cara Membersihkan, Mengecek Skor dan Melihatnya, Ini Penjelasan OJK

- 10 Oktober 2022, 10:56 WIB
Berikut ini adalah pengertain BI Checking, bagaimana cara membersihkan, mengecek skor dan melihatnya, berikut ini adalah penjelasan OJK.
Berikut ini adalah pengertain BI Checking, bagaimana cara membersihkan, mengecek skor dan melihatnya, berikut ini adalah penjelasan OJK. /Unsplash/Austin Distel

CilacapUpdate.com - Ada beberapa faktor kenapa seseorang bisa mendapatkan persetujuan atau ditolak kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya, di antaranya adalah BI Checking.

Pasalnya ketika mengajukan kredit ke bank dalam prosesnya mensyaratkan BI Checking, baik mengajukan kredit tanpa agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), maupun kartu kredit.

BI Checking sendiri merupakan Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang mencatat lancar atau macetnya pembayaran kredit (kolektibilitas).

BI Checking dulunya adalah salah satu layanan informasi riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID), di mana informasi kredit nasabah tersebut saling dipertukarkan antar-bank dan lembaga keuangan.

Baca Juga: Cilacap, Banyumas, Purbalingga dan Kebumen Dihimbau Waspada Hari Ini, Ada Hujan Lebat yang Berpotensi Bencana

Dalam SID, informasi yang dipertukarkan antara lain identitas debitur agunan, pemilik dan pengurus badan usaha yang jadi debitur, jumlah pembiayaan yang diterima, dan riwayat pembayaran cicilan kredit, hingga kredit macet.

Adapun, setiap bank dan lembaga keuangan yang terdaftar dalam Biro Informasi Kredit (BIK) bisa mengakses seluruh informasi di SID, termasuk BI Checking.

Data-data nasabah ini diberikan oleh anggota BIK ke BI setiap bulannya yang kemudian dikumpulkan secara berkala oleh BI dan diintegrasikan dalam sistem SID.

Seperti dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), SID kini sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh

Sumber: OJK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah