Yakin Skor BI Checking Bersih? Pahami Dulu Durasi, Skor dan Artinya untuk Masa Depan Finansial !

- 18 Mei 2024, 06:34 WIB
Yakin Skor BI Checking Bersih? Pahami Dulu Durasi, Skor dan Artinya untuk Masa Depan Finansial !./Dok IST
Yakin Skor BI Checking Bersih? Pahami Dulu Durasi, Skor dan Artinya untuk Masa Depan Finansial !./Dok IST /

NusaHits.com - Skor BI Checking yang buruk berpotensi menyulitkan hidup Anda, baik dalam mengajukan pinjaman maupun mencari pekerjaan. Namun, proses pemulihan skor BI Checking bisa dilakukan, terutama dengan melunasi kredit atau pinjaman yang tertunda.

Maka dari itu, seringkali muncul pertanyaan, berapa lama BI Checking akan bersih setelah kredit dilunasi? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Skor BI Checking?

Menurut informasi dari pegadaian.co.id, BI Checking sekarang telah digantikan oleh Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Sedangkan jika BI Checking sebelumnya diurus oleh Bank Indonesia, SLIK sekarang dioperasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Walaupun begitu, prinsip dasar dari keduanya hampir sama.

Dalam SLIK OJK, terdapat lima tingkatan skor. Skor 1 menunjukkan kondisi yang paling baik, sedangkan skor 5 menandakan masalah yang serius.

  • Skor 1

Jika Anda mendapatkan skor 1, itu berarti Anda adalah nasabah yang secara rutin membayar cicilan, utang, dan bunga tepat waktu, yang artinya kredit Anda lancar.

  • Skor 2

Namun, jika skor yang Anda dapatkan adalah 2, Anda termasuk dalam kategori debitur yang masuk dalam Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK). Biasanya ini terjadi ketika Anda terlambat membayar cicilan selama 1 hingga 90 hari.

Baca Juga: Intip Harga Motor Bekas Super Murah di Bawah Rp 7 Juta, Ini Daftarnya!

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: Pegadaian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah