Bandara Ngloram Blora Senilai Rp132 Miliar yang Mirip Pohon Jati: Sensasi Terbang Unik, Siap Dongkrak Ekonomi!

- 2 April 2024, 20:20 WIB
Bandara Ngloram Blora Senilai Rp132 Miliar yang Mirip Pohon Jati: Sensasi Terbang Unik, Siap Dongkrak Ekonomi!./FB Ganjar Pranowo
Bandara Ngloram Blora Senilai Rp132 Miliar yang Mirip Pohon Jati: Sensasi Terbang Unik, Siap Dongkrak Ekonomi!./FB Ganjar Pranowo /

 

CilacapUpdate.com - Terletak di ujung timur Kabupaten Blora, di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur, terdapat sebuah kampung yang telah mengalami transformasi spektakuler selama beberapa tahun terakhir.

Kampung ini, yang dulu dikenal sebagai lahan bandara yang terbengkalai, kini menjadi pusat perhatian berkat bandara megah yang memiliki arsitektur unik, mirip dengan pohon jati, sebuah ikon Kabupaten Blora.

Kabupaten Blora, terkenal sebagai salah satu produsen pohon jati berkualitas tinggi di Jawa Tengah, memutuskan untuk memanfaatkan warisan alam mereka yang berharga ini untuk menciptakan sebuah bandara yang tak hanya memfasilitasi transportasi udara tetapi juga menjadi perwakilan visual dari kekayaan alam daerah ini.

Kisah bandara megah ini dimulai pada tahun 1988 ketika kepemilikannya dialihkan dari Pertamina ke Kementerian Perhubungan, setelah bertahun-tahun mangkrak dan tidak terpakai.

Pada tahun 2018, atas desakan pemerintah setempat, bandara ini menjalani renovasi besar-besaran yang menghabiskan dana sebesar Rp132 miliar.

Baca Juga: Cerita Tanah Goyang di Ponorogo: Dari Rawa Terpencil Kini Jadi Destinasi Wisata Andalan!

Hasilnya adalah sebuah bandara yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Blora, dan memiliki fasilitas yang dapat bersaing dengan bandara-bandara lain di daerah tersebut.

Salah satu aspek paling mencolok dari bandara ini adalah arsitekturnya yang unik. Bangunan utama bandara ini didesain untuk menyerupai pohon jati, salah satu simbol utama Kabupaten Blora.

Tiang-tiang utama bandara diibaratkan bagai batang pohon jati, dan atapnya didesain menyerupai daun jati, menciptakan kesan kuat tentang alam dan lingkungan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah