Mimpi Megah Terhenti: Proyek Jembatan Selat Sunda di Banten Senilai Rp200 Triliun Dibatalkan oleh Jokowi

- 9 Agustus 2023, 23:36 WIB
Ilustrasi Jembatan. Mimpi Megah Terhenti: Proyek Jembatan Selat Sunda di Banten Senilai Rp200 Triliun Dibatalkan oleh Jokowi/Tangkapan Layar/Freepik.com @KELE project
Ilustrasi Jembatan. Mimpi Megah Terhenti: Proyek Jembatan Selat Sunda di Banten Senilai Rp200 Triliun Dibatalkan oleh Jokowi/Tangkapan Layar/Freepik.com @KELE project /

CilacapUpdate.com - Berita mengenai rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda di Banten yang akan menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera dengan panjang mencapai 20 kilometer telah mengguncang banyak kalangan.

Namun, mimpi megah ini harus diakhiri oleh keputusan tegas Presiden Joko Widodo, yang menganggap proyek tersebut lebih membawa dampak negatif daripada positif bagi Indonesia.

Ide pembangunan Jembatan Selat Sunda sebenarnya telah beredar sejak era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008.

Pada masa itu, pemerintah sudah melaksanakan studi kelayakan dan kajian mendalam terkait proyek ambisius ini.

Baca Juga: Wisata Serang Banten yang Paling Dicari: 3 Tempat Hits yang Memukau Hati dan Pikiran Para Wisatawan di 2023

Dilansir oleh CilacapUpdate.com dari laman resmi pu.go.id, jembatan ini diharapkan memiliki lebar 60 meter dan panjang 20 kilometer, menghubungkan Banten sebagai lokasi pemberangkatannya.

Proyek megah ini mengusung visi 2x3 jalur lalu lintas dan 2x1 jalur darurat sebagai upaya untuk evakuasi dalam situasi darurat.

Yang lebih menarik lagi, jembatan ini akan diperkaya dengan lintasan ganda (double track) yang memiliki jalur khusus untuk kereta api, pipa gas, pipa minyak, serta kabel fiber dan listrik.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x