Honda Anggarkan Rp915 Triliun untuk Pengembangan Baterai All-Solid-State Demi 30 Model Kendaraan Listrik

- 29 Oktober 2023, 16:55 WIB
Motor listrik Honda EM1 e: di booth AHM pada IMOS+ 2023
Motor listrik Honda EM1 e: di booth AHM pada IMOS+ 2023 /Galih/Motor Plus-online.com

CilacapUpdate.com - Kabar mengejutkan dari Jepang, di mana Presiden dan CEO Honda Motor Co Toshihiro Mibe baru-baru ini menyampaikan bahwa pihaknya berencana untuk memproduksi massal baterai all-solid-state pada akhir dekade 2020.

Tidak tanggung-tanggung, Honda Motor Co. disebut telah menganggarkan 8 triliun yen atau sekitar Rp915 triliun untuk penelitian dan pengembangan selama satu dekade ke depan.

Dengan anggaran tak terbatas tersebut, Honda Motor Co mentargetkan bisa meluncurkan 30 model kendaraan listrik secara global pada tahun 2030.

Mibe, dalam wawancara dengan jurnalis Indonesia di Kantor Pusat Honda di Aoyama, Tokyo, Jepang, Jumat lalu, mengatakan bahwa Honda tengah mengembangkan baterai generasi berikutnya, yakni baterai all-solid-state.

Baca Juga: Pabrikan Mobil Listrik China Siaga Satu, Honda Nyatakan Siap Turun Gunung Rebut Pasar Kendaraan Listrik

Baterai jenis ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan, termasuk dalam aspek biaya, kapasitas penyimpanan daya, dan tingkat keamanan yang lebih baik karena tidak mudah terbakar.

Namun, Mibe mengakui bahwa teknologi yang diperlukan untuk mengembangkan baterai all-solid-state tidaklah mudah, termasuk dalam proses produksi.

Sebagai gambaran, baterai lithium-ion yang digunakan pada mobil listrik saat ini, memiliki keunggulan berupa elektrolit cair yang memudahkan ion mengalir bolak-balik antara anoda dan katoda.

Di sisi lain, baterai all-solid-state memiliki fitur elektrolit padat, yang memerlukan teknik fabrikasi dan pemilihan bahan tertentu untuk memudahkan aliran ion.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x