Megahnya Bendungan Margatiga di Lampung Timur: APBN Rp846 Mengalir ke Proyek Impounding 2023

- 22 September 2023, 15:25 WIB
Megahnya Bendungan Margatiga di Lampung Timur: APBN Rp846 Mengalir ke Proyek Impounding 2023/Dok. Instagram.com @bendungan_margatiga
Megahnya Bendungan Margatiga di Lampung Timur: APBN Rp846 Mengalir ke Proyek Impounding 2023/Dok. Instagram.com @bendungan_margatiga /

CilacapUpdate.com - Impounding 2023, Bendungan Margatiga di Lampung Timur Siap Rogoh Kocek APBN Rp846 Miliar untuk Pengisian Awal dengan Kapasitas 42,31 Juta Kubik.

Tidak lama lagi, bendungan megah di Kabupaten Lampung Timur, yang dikenal sebagai Bendungan Margatiga, akan mengalami pengisian awal, atau yang sering disebut dengan istilah "impounding," pada bulan Desember 2023.

Ini adalah proyek yang sudah direncanakan sejak tahun 2017 lalu dan akan menjadi salah satu prestasi besar di bidang infrastruktur untuk wilayah ini.

Bendungan Margatiga, yang akan membendung aliran Sungai Way Sekampung, terletak di dua desa, yaitu Desa Negeri Jemanten dan Desa Trisinar.

Bendungan ini memiliki peran penting dalam mengairi lahan irigasi di Provinsi Lampung, dengan luas lahan mencapai 16.588 hektare, termasuk Jabung kiri sekitar 5.638 hektare dan Jabung kanan sekitar 10.950 hektare.

Baca Juga: Keseruan Wisata Disini! Rekomendasi 4 Wisata Terindah di Kabupaten Bantul yang Harus Dikunjungi Sekarang Juga!

Yang menarik dari Bendungan Margatiga adalah kapasitasnya yang sangat besar, mencapai 42,31 juta kubik meter, yang akan mendukung pertanian dan pengairan di wilayah ini secara signifikan.

Mengutip dari laman pu.go.id, Bendungan Margatiga memiliki tipe konstruksi urugan, yang membuatnya sangat kuat dan tahan lama.

Bendungan ini memiliki tinggi mencapai 28,75 meter dengan panjang puncak mencapai 321,76 meter, menjadikannya salah satu bendungan terbesar di wilayah tersebut. Untuk mewujudkan proyek ini, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp846 miliar dari Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (APBN).

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x