Jatim Bangga! Bandara Internasional Tanpa APBN di Jawa Timur Siap Mengudara, Wujudkan Gerbang Haji dan Umrah

- 22 Agustus 2023, 20:45 WIB
Ilustrasi Bandara. Jatim Bangga! Bandara Internasional Tanpa APBN di Jawa Timur Siap Mengudara, Wujudkan Gerbang Haji dan Umrah/Dok. Instagram.com @Bandara Juanda Jawa Timur
Ilustrasi Bandara. Jatim Bangga! Bandara Internasional Tanpa APBN di Jawa Timur Siap Mengudara, Wujudkan Gerbang Haji dan Umrah/Dok. Instagram.com @Bandara Juanda Jawa Timur /

CilacapUpdate.com - Pembangunan infrastruktur yang mendukung konektivitas dan mobilitas adalah tonggak penting dalam pembangunan suatu wilayah.

Kabar baik datang dari Jawa Timur, di mana sebuah proyek ambisius tengah berjalan. Bandara Internasional Dhoho Kediri, begitu julukannya, sedang dibangun dengan mengusung konsep yang tak lazim: sepenuhnya berfinansikan swasta.

Inisiatif berani ini menjadikan bandara ini sebagai proyek pertama di Indonesia yang melahirkan landasan pacu dan terminal dengan sumber pembiayaan yang sepenuhnya bukan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun, pertanyaannya adalah: Mengapa dipilih Kabupaten Kediri, bukan Surabaya atau Malang, sebagai lokasi strategis untuk bandara ini?

Bandara Internasional Dhoho Kediri: Membuka Sayap di Lahan Swasta

Proyek megah Bandara Internasional Dhoho Kediri telah mewarnai peta perencanaan infrastruktur di Jawa Timur.

Langkah berani ini diambil dengan keyakinan bahwa kemajuan tak selalu harus berasal dari dana publik.

Baca Juga: Proyek Kereta Cepat Jawa Timur dengan Anggaran Rp100 Triliun Akan Menghubungkan Kota-kota Utama Pulau Jawa

Bandara ini menjadi contoh unik di tengah lautan proyek serupa di Tanah Air. Dengan pendanaan sepenuhnya dari sektor swasta, bandara ini telah membalik konvensi dan membuka jalan bagi pembiayaan alternatif dalam skala besar.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x