Keindahan dan Eksotisme Jembatan di Jawa Timur: Fenomena Arsitektur Megah dengan Dana Rp 4,5 Triliun

- 17 Agustus 2023, 17:20 WIB
Keindahan dan Eksotisme Jembatan di Jawa Timur: Fenomena Arsitektur Megah dengan Dana Rp 4,5 Triliun/Dok. Instagram.com @explore_suramadu
Keindahan dan Eksotisme Jembatan di Jawa Timur: Fenomena Arsitektur Megah dengan Dana Rp 4,5 Triliun/Dok. Instagram.com @explore_suramadu /

CilacapUpdate.com - Jawa Timur, salah satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia, tidak hanya memiliki warisan alam dan budaya yang memukau, tetapi juga memiliki sebuah keajaiban arsitektur modern yang memikat hati: Jembatan Suramadu.

Jembatan yang menjadi ikon tersendiri bagi warga Jawa Timur ini tak hanya menghubungkan dua pulau, Jawa dan Madura, tetapi juga memberikan pandangan eksotis dan indah kepada para pengunjungnya.

Proyek megah ini tidak hanya mengundang decak kagum melalui keindahan desainnya, tetapi juga menelan dana fantastis sebesar Rp 4,5 triliun untuk proses pembangunannya.

Baca Juga: Inovasi Terbaru: MRT Jawa Timur Menghubungkan 3 Kampus Besar dan Membuka Jalan Baru di Surabaya

Dengan begitu banyaknya besi beton—sekitar 650.000 ton—yang digunakan, proyek ini menjadi sebuah keajaiban teknik dan arsitektur yang patut diapresiasi.

Dalam proses pembangunannya yang dimulai pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2009, Jembatan Suramadu mengundang perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang meresmikannya secara langsung.

Menghubungkan kota Surabaya di Pulau Jawa dengan Bangkalan di Pulau Madura, jembatan ini melintasi Selat Madura dan mengukir tinta emas dalam sejarah arsitektur Indonesia.

Tak hanya sebagai jalan penghubung yang penting, Jembatan Suramadu juga menjadi daya tarik bagi para pelancong dan pengendara.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x