Dari Mangkrak Hingga Berjaya: Jalan Tol Megah di Banten Siap Wujudkan Akses Terbaik dengan Dana Rp8 Triliun

- 14 Agustus 2023, 17:20 WIB
Ilustrasi Jalan Tol. Dari Mangkrak Hingga Berjaya: Jalan Tol Megah di Banten Siap Wujudkan Akses Terbaik dengan Dana Rp8 Triliun/Dok. Freepik.com
Ilustrasi Jalan Tol. Dari Mangkrak Hingga Berjaya: Jalan Tol Megah di Banten Siap Wujudkan Akses Terbaik dengan Dana Rp8 Triliun/Dok. Freepik.com /

CilacapUpdate.com - Seiring dengan kemajuan zaman, terkadang kisah sukses bermula dari tantangan yang tak terduga.

Salah satu contohnya adalah jalan Tol Serang-Panimbang di Banten, sebuah proyek infrastruktur megah yang pernah terlupakan selama puluhan tahun.

Kini, jalan tol ini telah bangkit dari keterpurukan dan menjadi yang terpanjang di wilayah Banten.

Baca Juga: Terowongan Nusantara di Banten: Proyek Ambisius Jalur Kereta Bawah Laut Menghubungkan Jawa dan Sumatera

Dengan biaya investasi mencapai Rp8 triliun, proyek ini menghadirkan harapan baru bagi pertumbuhan ekonomi serta mempermudah akses menuju destinasi wisata terkenal.

Kisah menarik ini dimulai dari inisiatif mantan Gubernur Banten, Rano Karno, yang merintis proyek ini.

Meski sempat menghadapi tantangan dan penantian yang panjang, proyek ini akhirnya mendapatkan lampu hijau dari Presiden Jokowi pada tahun 2021.

Dibantu oleh Kementerian PUPR yang berkinerja cepat, Seksi 1 jalan tol sepanjang 26,5 km telah berhasil beroperasi, menghubungkan Serang dan Rangkasbitung.

Tidak hanya menjadi solusi untuk kemacetan lalu lintas, jalan tol ini juga menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kesenjangan.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x