Paten! Jalan Tol Riau Dilengkapi 6 Terowongan Khusus Gajah dengan Teknologi Canggih Senilai Rp451 Juta

- 10 Agustus 2023, 10:35 WIB
Ilustrasi Gajah. Paten! Jalan Tol Riau Dilengkapi 6 Terowongan Khusus Gajah dengan Teknologi Canggih Senilai Rp451 Juta/Tangkapan Layar/Pixabay.com
Ilustrasi Gajah. Paten! Jalan Tol Riau Dilengkapi 6 Terowongan Khusus Gajah dengan Teknologi Canggih Senilai Rp451 Juta/Tangkapan Layar/Pixabay.com /

CilacapUpdate.com - Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di Provinsi Riau telah menghadirkan keunikan tersendiri dengan membangun 6 terowongan khusus bagi gajah.

Terobosan ini menjadikan ruas tol ini sebagai yang unik dan pertama di Indonesia yang memberikan jalur aman untuk perlintasan gajah, terutama gajah Sumatera yang langka dan dilindungi.

Menariknya, terowongan-terowongan ini dibangun dengan memperhatikan habitat asli gajah.

Dengan panjang mencapai 25-45 meter dan tinggi 5,1 meter, setiap terowongan dilengkapi dengan tanaman hijau yang menyerupai lingkungan alami gajah.

Baca Juga: Tabel KUR BRI Kepulauan Riau: Berikut Syarat Pengajuan, Cicilan, Limit Pinjaman dan Jadwal Buka Terbaru

Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan dan habitat alami gajah, sehingga mereka dapat melintas dengan nyaman dan aman.

Selain keberlanjutan lingkungan, pembangunan terowongan juga berdampingan dengan usaha pelestarian alam di sekitar rest area jalan tol.

Kolaborasi antara PT Hutama Karya, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), dan Rumah Sakit Gajah Sumatera (RSF) menghasilkan pengembangan teknologi terkini.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x