Gunung Srandil Adipala Cilacap: Destinasi Wisata Religi Kerap untuk Berziarah dan Bertapa

- 12 April 2024, 12:53 WIB
Gunung Srandil Adipala Cilacap: Destinasi Wisata Religi Kerap untuk Berziarah dan Bertapa./Dok wisatacilacapkab.go.id
Gunung Srandil Adipala Cilacap: Destinasi Wisata Religi Kerap untuk Berziarah dan Bertapa./Dok wisatacilacapkab.go.id /

CilacapUpdate.com - Gunung Srandil, sebuah tempat bersejarah yang terletak di komplek Gunung Srandil, Desa Srandil, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, menawarkan pengalaman wisata budaya yang tak terlupakan.

Gunung Srandil tidak hanya menjadi bukti sejarah yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga diakui oleh dunia.

Terletak di Glempang pasir Kecamatan Adipala, Gunung Srandil memiliki jarak sekitar 30 kilometer ke arah timur laut dari Kota Cilacap, dengan akses yang relatif mudah dijangkau menggunakan kendaraan.

Setiap harinya, Gunung Srandil dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai penjuru, baik dari dalam maupun luar Jawa, seperti Sumatra, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi. Alasan kunjungan mereka sangat bervariasi, mulai dari tujuan berziarah hingga bertapa.

Tradisi berziarah atau bertapa di Gunung Srandil sering dilakukan pada Malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon pada Bulan Syura. Menurut cerita, Gunung Srandil pertama kali dihuni oleh Sultan Mukhriti, putra kedua dari Dewi Sari Banon, Ratu Sumenep Jawa Timur.

Baca Juga: Pantai Cemara Sewu Cilacap: Pesona Hutan Cemara berikut Deburan Ombak Menawan

Kedatangan Sultan Mukhriti untuk bertapa, namun beliau menghilang, meninggalkan petilasan yang hingga kini dikenal sebagai Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.

Di Gunung Srandil, terdapat berbagai petilasan yang menjadi objek ziarah, seperti Mbah Kanjeng Gusti Agung, Nyai Dewi Tanjung Sekarsari, Kaki Semar Tunggul Sabdojati Dayo Amongrogo, Juragan Dampo Awang, dan Petilasan Langlang Buwana yang terletak di puncak bukit.

Tak hanya itu, terdapat juga petilasan Hyang Sukma Sejati yang memperkaya pengalaman spiritual bagi para pengunjung.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah