Jelajah Museum Soesilo Soedarman di Kroya: Liburan Sekaligus Mengenang Tokoh Perwira TNI Kebanggaan Cilacap!

- 12 April 2024, 10:28 WIB
Jelajah Museum Soesilo Soedarman di Kroya Cilacap: Liburan Sekaligus Mengenang Tokoh Kebanggaan Cilacap!./dok wisatacilacapkab.go.id
Jelajah Museum Soesilo Soedarman di Kroya Cilacap: Liburan Sekaligus Mengenang Tokoh Kebanggaan Cilacap!./dok wisatacilacapkab.go.id /

CilacapUpdate.com - Museum Soesilo Soedarman, destinasi wisata budaya yang berlokasi di Dusun Tinggarjati Lor, Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menawarkan pengalaman yang memikat bagi para pengunjung.

Museum ini tidak hanya merupakan tempat untuk mengeksplorasi kehidupan dan karya Soesilo Soedarman, tetapi juga merupakan sebuah peninggalan sejarah yang bernilai tinggi.

Berdiri megah di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, museum ini menempati Pendopo Wisma Mbah Ageng yang memiliki sejarah panjang sejak dibangun pada tahun 1899 oleh Eyang Dipakarsa, Penatus Pertama Desa Gentasari.

Eyang Dipakarsa merupakan Eyang Buyut dari Soesilo Soedarman sendiri. Museum ini menjadi rumah bagi perjalanan karir Soesilo Soedarman, mulai dari masa kecilnya hingga puncak kariernya sebagai seorang diplomat dan menteri.

Koleksi museum mencakup beragam artefak, mulai dari surat-surat perjalanan, foto-foto kegiatan, hingga senjata-senjata militer yang digunakan oleh Soesilo Soedarman.

Pengunjung dapat menjelajahi berbagai aspek kehidupan dan karya beliau, termasuk penugasan sebagai seorang perwira operasi, komandan pasukan, hingga panglima komando wilayah pertahanan dengan pangkat Letnan Jenderal TNI.

Baca Juga: Pantai Cemara Sewu Cilacap: Pesona Hutan Cemara berikut Deburan Ombak Menawan

Selain koleksi yang mengesankan, Museum Soesilo Soedarman juga menawarkan fasilitas yang menarik, seperti perpustakaan dan taman bermain.

Tidak hanya itu, museum ini juga memiliki kolam renang yang menambah daya tarik bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah