Anda Menerima BLT Anak Sekolah Desember 2023: Rp900 Ribu - Rp2 Juta Cair ke BRI, BNI, Tanpa PIP Kemdikbud

- 25 Desember 2023, 06:00 WIB
Anda Menerima BLT Anak Sekolah Desember 2023: Rp900 Ribu - Rp2 Juta Cair ke BRI, BNI, Tanpa PIP Kemdikbud/Dok Youtube
Anda Menerima BLT Anak Sekolah Desember 2023: Rp900 Ribu - Rp2 Juta Cair ke BRI, BNI, Tanpa PIP Kemdikbud/Dok Youtube /

CilacapUpdate.com - Pemerintah Indonesia kembali menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk anak sekolah pada tahun 2023. BLT ini diberikan kepada anak-anak sekolah yang tergolong keluarga miskin atau rentan miskin, baik yang terdaftar sebagai penerima PIP Kemdikbud maupun tidak.

BLT anak sekolah yang diberikan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Program Keluarga Harapan (PKH) ini memiliki besaran yang berbeda-beda berdasarkan jenjang pendidikannya.

Untuk anak SD/sederajat, BLT yang diberikan sebesar Rp 900 ribu per tahun, yang dibagikan secara bertahap menjadi Rp 225 ribu per tahap.

Untuk anak SMP/sederajat, BLT yang diberikan sebesar Rp 1,5 juta per tahun, yang dibagikan secara bertahap menjadi Rp 375 ribu per tahap.

Sementara itu, untuk anak SMA/sederajat, BLT yang diberikan sebesar Rp 2 juta per tahun, yang dibagikan secara bertahap menjadi Rp 500 ribu per tahap.

BLT anak sekolah PKH ini disalurkan secara langsung ke rekening bank penerima PKH atau Kantor Pos. Pencairan BLT ini dibagi menjadi 4 tahap dalam setahun, yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober.

Cara Mengecek Sebagai Penerima BLT

Untuk mengecek apakah terdaftar sebagai penerima BLT anak sekolah PKH, masyarakat dapat mengakses laman cekbansos.kemensos.go.id. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukkan nama, alamat lengkap, dan kode provinsi.
  • Masukkan kode verifikasi yang tertera di layar.
  • Klik tombol "Cari Data".
  • Jika nama Anda terdaftar sebagai penerima BLT anak sekolah PKH, maka akan muncul informasi mengenai status pencairan BLT Anda.

BLT anak sekolah PKH merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membantu keluarga miskin atau rentan miskin dalam membiayai pendidikan anak-anak mereka.

BLT ini juga diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.***

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah