Investasi Kripto: Antara Keuntungan, Tantangan dan Dampaknya pada Kejiwaan

- 15 November 2023, 12:30 WIB
ILUSTRASI - Investasi Kripto: Antara Keuntungan, Tantangan dan Dampak pada Kejiwaan/Tangkap Layar/Freepik.com/Dompet Kripto
ILUSTRASI - Investasi Kripto: Antara Keuntungan, Tantangan dan Dampak pada Kejiwaan/Tangkap Layar/Freepik.com/Dompet Kripto /

CilacapUpdate.com - Investasi Kripto: Antara Keuntungan, Tantangan dan Dampak pada Kejiwaan. Perkembangan teknologi membawa inovasi di berbagai sektor, terutama di bidang keuangan. Salah satu inovasi yang muncul adalah mata uang kripto atau cryptocurrency.

Meskipun masih kontroversial karena tingginya risiko dan volatilitas, banyak investor yang berani mencoba menginvestasikan uangnya dalam bentuk kripto.

Pada perkembangannya, jumlah mata uang kripto terus bertambah. Hingga November 2022, tercatat sudah ada 9.3581 jenis cryptocurrency yang bisa dijadikan instrumen investasi.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Juga Meningkatkan Kualitas Hidup Melalui Pemahaman Bercinta yang Sehat dan Berdampak Positif

Di antara banyaknya jenis cryptocurrency, sepuluh di antaranya, seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Thether (USDT), BNB, Binance USD (USDC), XRP, Cardano (ADA), dan Dogecoin (DOGE), memiliki market cap terbesar.

Sebagai contoh, pada 12 November 2022, Bitcoin memiliki market cap sebesar US$ 324,52 miliar, sementara Ethereum mencapai US$ 156,34 miliar.

Selain cryptocurrency konvensional, ada juga cryptocurrency berbasis syariah Islam yang dijamin oleh aset emas, seperti Onegram dan X8X (Rizvi & Ali, 2022).

Dilansir dari laman BI, yang ditulis oleh Muhammad Adisurya Pratama, menyebutkan, menurut Meera (2018), cryptocurrency adalah uang digital yang diciptakan dengan teknologi kriptografi canggih. Keamanan catatan transaksi adalah salah satu keunggulan utama dari cryptocurrency.

Kelebihan cryptocurrency meliputi transfer yang cepat dan potensi keuntungan investasi yang besar.

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh

Sumber: BI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x