Bendungan Megah Kabupaten Subang: Kisah Perubahan Tanah Wakaf dan Hutan Menjadi Investasi Triliunan Rupiah

- 28 Agustus 2023, 14:38 WIB
Bendungan Megah Kabupaten Subang: Kisah Perubahan Tanah Wakaf dan Hutan Menjadi Investasi Triliunan Rupiah/Dok. Instagram.com @rommy_keirai
Bendungan Megah Kabupaten Subang: Kisah Perubahan Tanah Wakaf dan Hutan Menjadi Investasi Triliunan Rupiah/Dok. Instagram.com @rommy_keirai /

CilacapUpdate.com - Kabupaten Subang telah menjadi rumah bagi salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang mengambil peran vital dalam sektor sumber daya air.

Proyek ambisius ini mengubah lanskap dengan mengalihfungsikan tanah wakaf dan hutan menjadi sebuah Bendungan megah yang akan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.

Bendungan ini merupakan pencapaian bersejarah, menjadi Bendungan kelima di Jawa Barat yang diresmikan sejak tahun 2014.

Dikenal sebagai Bendungan Sadawarna, proyek kolosal ini mencakup wilayah Kabupaten Subang dan Sumedang.

Dengan kapasitas tampung yang mengesankan, mencapai 70,86 juta meter kubik dan wilayah genangan seluas 681,48 hektar, Bendungan ini menjanjikan dampak yang signifikan.

Baca Juga: Lepaskan Penat dengan Camping di Subang: Temukan 10 Destinasi Terbaik yang Akan Membuatmu Segar Kembali!

Bangunan monumental ini membentang sejauh 933 meter dan memiliki ketinggian setinggi 40 meter, menjadikannya sebagai simbol kemajuan teknologi dan rekayasa.

Namun, proses menuju terwujudnya Bendungan Sadawarna tidaklah mudah. Transformasi lahan dari tanah wakaf, hutan, hingga lahan pertanian milik masyarakat, merupakan tantangan besar yang harus dihadapi.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x