Bandara Futuristik Sumatera Utara: Dari Lahan Konflik Jadi Bandara Canggih dengan Dana Rp5,8 Triliun di Sumut

- 19 Agustus 2023, 10:25 WIB
Ilustrasi Bandara. Bandara Futuristik Sumatera Utara: Dari Lahan Konflik Jadi Bandara Canggih dengan Dana Rp5,8 Triliun di Sumut/DOk. Freepik.com
Ilustrasi Bandara. Bandara Futuristik Sumatera Utara: Dari Lahan Konflik Jadi Bandara Canggih dengan Dana Rp5,8 Triliun di Sumut/DOk. Freepik.com /

CilacapUpdate.com - Pembangunan infrastruktur selalu menghadirkan tantangan yang kompleks, terutama ketika lahan yang dipilih menjadi konflik.

Salah satu contohnya adalah Bandara Kualanamu di Sumatera Utara, yang dengan anggaran yang mencapai Rp5,8 triliun, berubah dari lahan kontroversial menjadi bandara tercanggih kedua se-Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perjalanan panjang transformasi Bandara Kualanamu, serta menyoroti kontroversi yang menyertainya.

Transformasi Lahan Konflik Menjadi Bandara Tercanggih:

Siapa yang akan menyangka bahwa bandara tercanggih di Indonesia akan muncul di Sumatera Utara?

Bandara Kualanamu, yang hanya berjarak 39 km dari Medan, bukan hanya menawarkan fasilitas modern dan akses yang mudah, tetapi juga memiliki fitur-fitur canggih yang membuatnya unik di Indonesia.

Baca Juga: Dairi Jarang Yang Ini, Berikut 5 Fakta Sejarah di Kabupaten Dairi Sumatera Utara yang Penting Digaris Bawahi

Diresmikan pada 27 Maret 2014 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, bandara ini adalah hasil penggantian dari Bandara Polonia yang sudah berusia 85 tahun.

Desainnya yang modern dengan sentuhan artistik pada atapnya, terintegrasi dengan jalan tol utama, dan menjadi bandara pertama di Indonesia yang terhubung dengan kereta api, menjadikannya perwujudan kesejahteraan infrastruktur.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x