Rahasia Sukses Warga Jatim: Lima Daerah Ini Jadi Magnet Kesejahteraan di Jawa Timur Menurut Penilaian IPM

- 12 Agustus 2023, 21:10 WIB
Ilustrasi. Rahasia Sukses Warga Jatim: Lima Daerah Ini Jadi Magnet Kesejahteraan di Jawa Timur Menurut Penilaian IPM/Dok. Freepik.com
Ilustrasi. Rahasia Sukses Warga Jatim: Lima Daerah Ini Jadi Magnet Kesejahteraan di Jawa Timur Menurut Penilaian IPM/Dok. Freepik.com /

CilacapUpdate.com - Jawa Timur, provinsi yang tak hanya memukau dengan kekayaan wisata dan cita rasa kulinernya, juga memiliki deretan daerah yang meraih predikat paling sejahtera.

Apa yang membuat daerah-daerah ini begitu istimewa? Jawabannya terungkap melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Pemerintah Jawa Timur.

Penting untuk dicatat bahwa ukuran keberhasilan sebuah daerah tak hanya berdasarkan pada aspek ekonomi semata.

Baca Juga: Jatim Indahnya Ga Ketulungan! 7 Destinasi Objek Wisata Pilihan di Jawa Timur yang Perlu Disinggahi!

IPM mempertimbangkan tiga faktor krusial yang membentuk fondasi kesejahteraan suatu komunitas: pendidikan, angka harapan hidup, dan kondisi hunian yang layak.

1. Surabaya: Pemimpin Kesejahteraan dengan Skor IPM Tertinggi 82,74

Surabaya, sebuah kota yang tak perlu diragukan lagi prestasinya, meraih peringkat teratas sebagai daerah paling sejahtera.

Capaiannya yang gemilang didukung oleh nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi, mencapai angka luar biasa sebesar 82,74.

Sebagai pusat aktivitas ekonomi dan budaya di Jawa Timur, Surabaya telah membuktikan diri sebagai pemimpin dalam hal kesejahteraan masyarakatnya.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x