Mega Proyek Bendungan Semantok: Inovasi Infrastruktur Jawa Timur yang Brilian dengan Dana Triliunan

- 3 Agustus 2023, 04:00 WIB
Mega Proyek Bendungan Semantok: Inovasi Infrastruktur Jawa Timur yang Brilian dengan Dana Triliunan/Tangkapan Layar/Instagram.com @ bendungan.semantok
Mega Proyek Bendungan Semantok: Inovasi Infrastruktur Jawa Timur yang Brilian dengan Dana Triliunan/Tangkapan Layar/Instagram.com @ bendungan.semantok /

CilacapUpdate.com - Terdapat sebuah keajaiban teknik sipil yang membanggakan bagi Provinsi Jawa Timur, yaitu Bendungan Semantok.

Dengan panjang mencapai 3100 meter, bendungan ini merupakan yang terpanjang di Jawa Timur dan terbesar kedua di Asia Tenggara.

Namun, tak hanya sekadar ukurannya yang mengagumkan, Bendungan Semantok juga menjadi daya tarik wisata alam yang menakjubkan dan berpotensi besar untuk menggerakkan perekonomian di daerah sekitarnya.

Keberadaan Bendungan Semantok bukan hanya sekadar sebagai bangunan fisik megah, melainkan juga sebagai sumber kekayaan alam bagi warga sekitar.

Baca Juga: Megahnya Bendungan Cabean di Blora, Jawa Tengah: Alokasi Anggaran Rp571 Miliar untuk 98,7 Ha Lahan

Dengan mampu menyediakan air sebanyak 312 liter per detik, bendungan ini menjadi pemasok air yang vital untuk pertanian dan infrastruktur lainnya di Jawa Timur.

Airnya juga mampu mengairi sawah seluas 1.900 hektar, memberikan manfaat yang signifikan bagi sektor pertanian di wilayah tersebut.

Tidak hanya bermanfaat secara ekonomi, Bendungan Semantok juga menjadi sebuah ikon prestisius yang patut dibanggakan.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x