Fakta Mengejutkan Kabupaten Paling Miskin di Kalimantan Timur, Apakah Kamu Tinggal di Sana?

- 5 April 2023, 00:09 WIB
Ilustrasi Penduduk Miskin. Fakta Mengejutkan Kabupaten Paling Miskin di Kalimantan Timur, Apakah Kamu Tinggal di Sana?/Tangkapan Layar/Pixabay.com
Ilustrasi Penduduk Miskin. Fakta Mengejutkan Kabupaten Paling Miskin di Kalimantan Timur, Apakah Kamu Tinggal di Sana?/Tangkapan Layar/Pixabay.com /

CilacapUpdate.com - Provinsi Kalimantan Timur memiliki reputasi sebagai wilayah yang cukup kaya karena salah satu proyek nasional, yaitu pembangunan Ibu Kota Negara Indonesia yang baru, akan dibangun di daerah tersebut.

Namun demikian, PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) yang tinggi hanya terdapat di satu kabupaten di Kalimantan Timur, yaitu Kutai Kartanegara.

Pendapatan perkapita di kabupaten ini mencapai Rp128.805.427,81 juta, menjadi salah satu yang tertinggi di Kalimantan Timur.

Sayangnya, tingkat kemiskinan di Kalimantan Timur masih cukup tinggi meskipun terdapat penurunan jumlah wilayah miskin di sana.

Namun demikian, tidak semua wilayah miskin dapat sepenuhnya diatasi dan teratasi. Menurut data BPS yang dilansir oleh CilacapUpdate.com dari kaltim.bps.go.id, terdapat dua kabupaten dengan PDRB terendah di Kalimantan Timur, yaitu Mahakam Ulu dan Penajam Paser Utara.

Baca Juga: Fakta Menarik tentang Kota Tersepi di Provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan Paling Krik-krik?

PDRB kabupaten Penajam Paser Utara mencapai Rp7.433.737,91 juta, yang terbilang rendah jika dibandingkan dengan Paser dan Berau. Namun, jumlah pendapatan kabupaten Penajam Paser Utara jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kabupaten Mahakam Ulu.

Kabupaten Mahakam Ulu menjadi kabupaten termiskin di Kalimantan Timur karena PDRB nya yang hanya mencapai Rp1.802.461,14 juta pada tahun 2022, dan angka tersebut tidak pernah mencapai lebih dari Rp2 jutaan sejak tahun 2020.

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: kaltim.bps.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x