Bandara Berusia 78 Tahun di NTT Mengubah Namanya Menjadi Bandara Lede Kalumbang sebagai Penghormatan

- 7 Oktober 2023, 16:50 WIB
Bandara Berusia 78 Tahun di NTT Mengubah Namanya Menjadi Bandara Lede Kalumbang sebagai Penghormatan/Dok. Instagram.com @ledekalumbang_airport
Bandara Berusia 78 Tahun di NTT Mengubah Namanya Menjadi Bandara Lede Kalumbang sebagai Penghormatan/Dok. Instagram.com @ledekalumbang_airport /

CilacapUpdate.com - Sebuah bandara berusia 78 tahun di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mengalami perubahan besar dengan mengganti namanya menjadi Bandara Lede Kalumbang.

Perubahan ini menjadi penghormatan bagi bupati pertama Sumba Barat, Lede Kalumbang, dan merupakan langkah bersejarah dalam sejarah bandara tersebut.

Bandara ini memiliki sejarah panjang yang mencakup zaman penjajahan Jepang pada tahun 1945. Seiring berjalannya waktu, bandara ini mengalami berbagai perbaikan dan pengembangan yang signifikan.

Dari pengaspalan hingga perpanjangan landasan pacu, bandara ini telah mengalami transformasi besar-besaran.

Pada tahun 1982, bandara ini menjalani perbaikan pertama dengan pengaspalan landasan pacu, membuatnya cocok untuk pesawat jenis kecil seperti DC-3, Twin Otter, dan Cassa.

Baca Juga: Nusa Tenggara Timur Bikin Takjub, Ternyata 13 Kampus di NTT Ini Masuk Peringkat Dunia Versi UniRank!

Kemudian, pada tahun 1996, landasan pacunya diperpanjang untuk dapat menampung pesawat jenis Fokker 27. Hal ini menunjukkan upaya terus-menerus untuk memodernisasi bandara ini.

Pengembangan bandara berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2005, landasan pacu diperpanjang lagi hingga mencapai panjang 1.600 meter, yang memungkinkan pesawat jenis Fokker 100 untuk mendarat.

Hingga tahun 2015, bandara ini telah memiliki landasan pacu yang panjangnya mencapai 2.300 meter dan lebar 45 meter, menjadikannya bandara yang mampu menangani pesawat besar.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah