Bansos BPNT Tahap 2 Sudah Dicairkan Sejak Awal April 2024! Simak Cara Cek Status Penerimanya di Sini!

- 18 April 2024, 10:30 WIB
Bansos BPNT Tahap 2 Sudah Dicairkan Sejak Awal April 2024! Simak Cara Cek Status Penerimanya di Sini!./Dok CU
Bansos BPNT Tahap 2 Sudah Dicairkan Sejak Awal April 2024! Simak Cara Cek Status Penerimanya di Sini!./Dok CU /

CilacapUpdate.com - Berita gembira bagi keluarga prasejahtera di seluruh Indonesia! Kementerian Sosial (Kemensos) kembali meluncurkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2024.

Bantuan ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah dalam memerangi kemiskinan dan memastikan kecukupan gizi masyarakat, khususnya di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan.

Program BPNT 2024 menargetkan 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. KPM adalah keluarga prasejahtera yang telah diverifikasi dan ditetapkan oleh Kemensos berdasarkan data yang terhimpun di Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Setiap KPM BPNT 2024 akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) senilai Rp2,4 juta per tahun. Bantuan ini akan disalurkan secara bertahap dengan nilai bulanan Rp200 ribu.

Untuk memaksimalkan efisiensi, penyaluran dilakukan melalui transfer langsung ke rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) setiap dua atau tiga bulan sekali, dengan jumlah pencairan per tahap berkisar antara Rp400 ribu hingga Rp600 ribu.

Baca Juga: Akses Faskes Gratis dengan Bansos PBI-JK: Daftar, Cek Status Penerima dan Dapatkan Layanan Kesehatan For Free!

Bagaimana Cara Mengecek Status Penerima BPNT 2024?

Kemensos menyediakan layanan mudah untuk mengecek status penerima BPNT 2024 melalui situs web cekbansos.kemensos.go.id. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan data diri Anda, seperti nama lengkap dan Nomor Induk Kependudukan (NIK), sesuai dengan data di KTP.
  3. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat tinggal Anda.
  4. Klik tombol 'Cari Data'.
  5. Hasil pencarian akan menampilkan informasi terkait status kepesertaan Anda dalam program BPNT 2024.

Program BPNT 2024 bisa disebut merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah dalam membantu meringankan beban ekonomi keluarga prasejahtera.

Dengan bantuan ini, diharapkan keluarga prasejahtera dapat memenuhi kebutuhan pangan pokoknya dengan lebih baik, sehingga tercipta keluarga yang sejahtera dan mandiri.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah