Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Tertinggi Capres 2024 Menurut LSN: Prabowo Memimpin, Ganjar Diposisi ke-2

- 2 September 2023, 01:05 WIB
Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Tertinggi Capres 2024 Menurut LSN: Prabowo Memimpin, Ganjar Diposisi ke-2/Dok. YouTube.com @LSN
Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Tertinggi Capres 2024 Menurut LSN: Prabowo Memimpin, Ganjar Diposisi ke-2/Dok. YouTube.com @LSN /

CilacapUpdate.com - Lembaga Survei Nasional (LSN) baru-baru ini merilis hasil survei elektabilitas calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden tahun 2024.

Hasilnya menunjukkan bahwa Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, masih menduduki posisi teratas dalam persaingan capres versi survei LSN.

Survei yang dilakukan oleh LSN berlangsung sejak 14 hingga 24 Agustus 2023 di 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Dengan jumlah sampel sebanyak 1.420 responden, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan margin of error sekitar +/- 2,6%, dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Baca Juga: Batas Usia Calon Presiden (Capres) 2024: Perspektif Ahli, Pemohon, dan Kepala Daerah dalam Sidang MK

Data dikumpulkan melalui wawancara telepon yang dilakukan oleh tenaga terlatih dengan bantuan kuesioner.

Pada tahap awal survei, responden diberikan pertanyaan terbuka mengenai calon presiden. Sejumlah nama muncul sebagai jawaban, tetapi tiga nama yang paling sering disebut secara spontan oleh responden adalah Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selanjutnya, responden diberikan pertanyaan tertutup dengan 12 nama tokoh sebagai opsi. Hasilnya, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan kembali mendapatkan dukungan paling banyak dari responden.

LSN juga mengukur elektabilitas ketiga calon tersebut dengan pertanyaan konkret, yaitu "Seandainya saat ini dilaksanakan Pemilihan Presiden dan hanya ada tiga calon presiden di bawah ini, siapakah yang Anda pilih?". Hasilnya adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: YouTube Lembaga Survei Nasional


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah