PIP Kemendikbud Cair Lagi! Siswa dengan Kategori Ini Layak Dapat, Cek Cara Klaim dan Dapatkan Rp1,8 Juta!

- 22 Februari 2024, 07:17 WIB
PIP Kemendikbud Cair Lagi! Siswa dengan Kategori Ini Layak Dapat, Cek Cara Klaim dan Dapatkan Rp1,8 Juta!./Dok PIP
PIP Kemendikbud Cair Lagi! Siswa dengan Kategori Ini Layak Dapat, Cek Cara Klaim dan Dapatkan Rp1,8 Juta!./Dok PIP /


CilacapUpdate.com - Siswa yang telah dinominasikan sebagai penerima Bantuan Pendidikan Indonesia (PIP) Kemendikbud tahun 2024 masih menanti pencairan bantuan hingga akhir Januari 2024.

Presiden Jokowi telah mengumumkan peningkatan dana PIP Kemendikbud 2024 menjadi Rp1,8 juta, yang dapat digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah yang tidak dicakup oleh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, skema bantuan pendidikan kali ini menyesuaikan nominalnya berdasarkan tingkat pendidikan:

  • Siswa SD akan menerima Rp450 ribu.
  • Siswa SMP akan menerima Rp1,8 juta.
  • Siswa SMA atau SMK juga akan menerima Rp1,8 juta.

Namun, beberapa siswa yang memenuhi syarat sebagai penerima PIP Kemendikbud 2024 belum menerima dana atau bahkan data mereka tidak ditemukan.

Solusi untuk mengatasi masalah ini dapat dicoba agar bantuan mencapai Rp1,8 juta dapat dicairkan ke rekening peserta didik.

Baca Juga: Pinjaman Online Bebas Stress: 5 Rekomendasi Platform Pinjol Tanpa Penagihan Debt Collector

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan inisiatif pemerintah untuk memberikan bantuan pendidikan kepada siswa tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK yang berkategori miskin atau rentan miskin, memungkinkan mereka untuk melanjutkan pendidikan tanpa terkendala oleh biaya.

Cairnya bantuan ini hanya berlaku untuk siswa yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan diakui sebagai penerima PIP berdasarkan data Dapodik yang tercatat oleh sekolah.

Penyaluran bantuan PIP dilakukan dalam tiga termin, dengan syarat bahwa siswa hanya dapat menerima satu termin sesuai dengan kategori KIP SD, SMP, SMA, dan SMK.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x