Simak 6 Tips Ampuh Mengatur Keuangan Mahasiswa, Biar Gak Boncos di Akhir Bulan!

- 26 Desember 2023, 11:00 WIB
Simak 6 Tips Ampuh Mengatur Keuangan Mahasiswa, Biar Gak Boncos di Akhir Bulan!/Dok Youtube
Simak 6 Tips Ampuh Mengatur Keuangan Mahasiswa, Biar Gak Boncos di Akhir Bulan!/Dok Youtube /

CilacapUpdate.com - Status mahasiswa berarti banyak tanggung jawab yang bertambah besar, termasuk soal mengelola keuangan.

Mengatur keuangan itu memang gampang-gampang susah. Lepas dari gampang atau susah, keuangan mahasiswa harus dikelola dengan benar. Jangan sampai uang bulanan habis di tengah bulan.

6 Tips Mengatur Keuangan Mahasiswa

Berikut adalah 6 tips ampuh mengatur keuangan mahasiswa, agar tidak boncos di akhir bulan:

1. Buat anggaran keuangan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan adalah membuat anggaran keuangan. Anggaran keuangan adalah rencana pengeluaran dan pemasukan yang dibuat dalam jangka waktu tertentu, biasanya satu bulan.

Dengan membuat anggaran keuangan, mahasiswa dapat mengetahui berapa banyak uang yang masuk dan keluar setiap bulannya. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk lebih bijak dalam membelanjakan uangnya.

2. Prioritaskan kebutuhan

Setelah membuat anggaran keuangan, mahasiswa perlu memprioritaskan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal-hal yang harus dipenuhi untuk bertahan hidup, seperti biaya makan, biaya transportasi, biaya kuliah, dan biaya kos.

Sedangkan keinginan adalah hal-hal yang tidak perlu tetapi diinginkan, seperti biaya nongkrong, biaya belanja, dan biaya jalan-jalan.

Mahasiswa perlu memprioritaskan kebutuhan terlebih dahulu sebelum memenuhi keinginannya. Dengan demikian, mahasiswa tidak akan kehabisan uang di tengah bulan.

3. Catat pengeluaran dan pemasukan

Langkah selanjutnya adalah mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan, mahasiswa dapat mengetahui ke mana saja uangnya dihabiskan.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x