Semarang Tertinggi! UMK Jawa Tengah 2024 Naik, Pekalongan dan Magelang Posisi Berapa?

- 5 Desember 2023, 00:30 WIB
Ilustrasi Semarang Tertinggi! UMK Jawa Tengah 2024 Naik, Pekalongan dan Magelang Posisi Berapa?/Tangkapan Layar/pixabay
Ilustrasi Semarang Tertinggi! UMK Jawa Tengah 2024 Naik, Pekalongan dan Magelang Posisi Berapa?/Tangkapan Layar/pixabay /

CilacapUpdate.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah mengumumkan kenaikan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) untuk tahun 2024 pada Minggu, 1 Desember 2023, suatu pengumuman yang telah dinanti-nantikan oleh para pekerja di wilayah tersebut.

Meski begitu, respons terhadap kenaikan UMK 2024 di Jawa Tengah tidak sepenuhnya positif, dengan beberapa pihak menyuarakan protes terhadap besaran kenaikan yang dianggap rendah.

Ketidakpuasan terhadap kenaikan UMK tampaknya bukan tanpa alasan, dan banyak yang penasaran dengan daerah mana yang memiliki UMK tertinggi di Jawa Tengah setelah penetapan ini.

Baca Juga: Resmi Kenaikan UMK Jawa Barat 2024! Ciarnjur Naik Berapa Persen, Cek Sekarang

Hasil pencermatan dari situs resmi pemerintah provinsi, jatengprov.go.id, menunjukkan bahwa Kabupaten Magelang tidaklah menjadi yang tertinggi.

Posisi tersebut justru ditempati oleh Kota Semarang, yang menduduki peringkat pertama dengan UMK 2024 tertinggi di Jawa Tengah.

Pada tahun 2023, UMK Kota Semarang telah ditetapkan sebesar Rp3.060.349. Dalam penetapan untuk tahun 2024, UMK Kota Semarang mengalami kenaikan menjadi Rp3.243.969.

Baca Juga: UMK Kota Banjar Terendah Di Jawa Barat 2024, Berapak pah Minimum Kabupaten/Kota Di Kabupaten Majalengka ?

Artinya, terjadi peningkatan sebesar Rp183.620 atau sekitar 6 persen.

Meskipun kenaikan ini dapat dianggap sebagai langkah positif, tetap saja pihak-pihak tertentu merasa bahwa besaran ini masih tergolong rendah mengingat kondisi ekonomi dan tingginya biaya hidup.

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: Pemprov Jateng


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x