Mengungkap Kisah Gemilang Tambang Emas Tujuh Bukit Banyuwangi: Berdiri Kokoh di Atas Lahan 4.998 Hektare

- 28 Oktober 2023, 20:50 WIB
Mengungkap Kisah Gemilang Tambang Emas Tujuh Bukit Banyuwangi: Berdiri Kokoh di Atas Lahan 4.998 Hektare/foto Ilustrasi: Freepik.com @user17541819
Mengungkap Kisah Gemilang Tambang Emas Tujuh Bukit Banyuwangi: Berdiri Kokoh di Atas Lahan 4.998 Hektare/foto Ilustrasi: Freepik.com @user17541819 /

CilacapUpdate.com - Indonesia, negara yang kaya akan sumber daya alamnya, telah lama menjadi ladang subur bagi penambang emas.

Dari tambang-tambang tua yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu hingga yang baru-baru ini didirikan, emas terus menjadi komoditas berharga yang dicari di seluruh negeri.

Salah satu tambang emas terkemuka yang menarik perhatian di Indonesia adalah Tambang Emas Tujuh Bukit.

Dibangun di atas lahan seluas 4.998 hektare, Tambang Emas Tujuh Bukit merupakan salah satu tambang emas terbuka pertama di Banyuwangi, Jawa Timur.

Lokasinya terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, sekitar 77,3 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Tambang ini dikelola oleh PT Bumi Suksesindo (BSI), sebuah anak perusahaan dari PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Izin Usaha Pertambangan Operasi dan Produksi diperoleh oleh BSI pada tahun 2012. Meskipun tambang ini memiliki izin untuk mengoperasikan seluruh lahan, hanya sekitar 992 hektare yang digunakan untuk kegiatan penambangan.

Tambang Emas Tujuh Bukit mulai dibangun pada tahun 2014, dan produksi emas pertama berhasil dihasilkan pada tahun 2017. Sejak saat itu, tambang ini terus tumbuh menjadi salah satu tambang emas primer terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Cabang Olahraga Cycling BMX Racing Persembahkan Medali Emas ke-empat dan Perunggu ke-sebelas

Prestasi yang luar biasa ini membuat Tambang Emas Tujuh Bukit diakui oleh negara sebagai Objek Vital Nasional pada tahun 2016.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x