Bandara Internasional Juanda Surabaya: Melayani 27 Ribu Penumpang per Hari dan Anggaran Rp8 Triliun

- 29 September 2023, 21:55 WIB
Bandara Internasional Juanda Surabaya: Melayani 27 Ribu Penumpang per Hari dan Anggaran Rp8 Triliun/Dok. Instagram.com @spotter.abal.abal
Bandara Internasional Juanda Surabaya: Melayani 27 Ribu Penumpang per Hari dan Anggaran Rp8 Triliun/Dok. Instagram.com @spotter.abal.abal /

CilacapUpdate.com - Kehebohan tak kunjung mereda di Bandara Internasional Juanda Surabaya, sebuah pusat transportasi udara yang tak pernah tidur di Jawa Timur.

Bukan hanya sekedar sebuah bandara, Juanda Surabaya telah menjadi simbol kesibukan dan perkembangan pesat di kawasan ini.

Dengan lonjakan penumpang yang terus meningkat, bandara ini menambah panjang landasan pacunya menjadi 3.600 meter dengan anggaran yang cukup besar.

Bandara tersibuk di Jawa Timur ini tak lain adalah Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Namanya mungkin mencantumkan "Surabaya," tetapi lokasinya yang sebenarnya terletak di Kabupaten Sidoarjo, lebih tepatnya di Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Jaraknya sekitar 20 km dari Ibukota Jawa Timur.

Bandara yang pertama kali diresmikan pada tahun 1964 ini dulunya adalah pangkalan udara TNI AL.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Juanda Surabaya telah menjelma menjadi bandara internasional yang mampu mengakomodasi jumlah penumpang yang sangat besar.

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Bandara Juanda Sidoarjo: Sebuah Kisah Kesuksesan di Balik Kemacetan Udara Jawa Timur

Pada tahun 2015, Bandara Juanda melakukan perubahan besar dengan menambah panjang landasan pacunya dari 3.000 meter menjadi 3.600 meter.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x