Mega Proyek Bendungan Baru di Bogor: Rencana Anggaran Rp7 Triliun, 4 Desa Siap di Tenggelamkan!

- 1 September 2023, 18:40 WIB
Mega Proyek Bendungan Baru di Bogor: Rencana Anggaran Rp7 Triliun, 4 Desa Siap di Tenggelamkan!/Foto Ilustrasi: Freepik.com @bearfotos
Mega Proyek Bendungan Baru di Bogor: Rencana Anggaran Rp7 Triliun, 4 Desa Siap di Tenggelamkan!/Foto Ilustrasi: Freepik.com @bearfotos /

CilacapUpdate.com - Sebuah proyek pembangunan Bendungan baru di wilayah Bogor, Jawa Barat, senilai Rp7 triliun telah menjadi sorotan.

Bendungan ini dikenal sebagai Bendungan Cijurey dan memiliki potensi untuk menjadi penyokong ketersediaan air baku serta membendung potensi banjir di Jawa Barat.

Meskipun proyek ini memiliki manfaat besar, akan ada dampak yang signifikan terutama bagi empat desa di sekitarnya, yaitu Desa Sukadamai, Desa Sukaharja, Desa Karyamekar, dan Desa Selawangi.

Pembangunan Bendungan Cijurey Bogor ini sudah dimulai sejak tahun 2009 oleh Pemerintah Kabupaten Bogor dan mendapatkan dukungan dana sebesar Rp7 triliun dari Kementerian PUPR.

Baca Juga: Mulai Usaha Rumahan Anda! 10 Ide Sukses yang Dapat Mengubah Hidup Anda di Kota Bogor!

Dana tersebut akan digunakan untuk membangun Bendungan di Sungai Cibeet dan Sungai Cijurey, yang diharapkan akan memperkuat infrastruktur pengelolaan air di wilayah tersebut.

Proyek pembangunan Bendungan ini diperkirakan akan memakan waktu selama 3-4 tahun, yang saat ini sedang dalam tahap pembebasan lahan seluas 209,3 hektare.

Kawasan ini mencakup empat desa yang akan terkena dampak, yaitu Desa Sukadamai, Desa Sukaharja, Desa Karyamekar, dan Desa Selawangi.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x