Jangan Kaget, Kota Ini Masuk Daftar Paling Miskin di Provinsi Sumatera Barat dengan Persentase Mencengangkan!

- 9 April 2023, 23:05 WIB
Ilustrasi Penduduk Miskin. Jangan Kaget, Kota Ini Masuk Daftar Paling Miskin di Provinsi Sumatera Barat dengan Persentase Mencengangkan!/Tangkapan Layar/Freepik.com @ jcomp
Ilustrasi Penduduk Miskin. Jangan Kaget, Kota Ini Masuk Daftar Paling Miskin di Provinsi Sumatera Barat dengan Persentase Mencengangkan!/Tangkapan Layar/Freepik.com @ jcomp /



CilacapUpdate.com - Data resmi menunjukkan bahwa Provinsi Sumatera Barat masih memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi.

Padahal, provinsi ini memiliki sumber daya alam yang melimpah dan berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa jumlah penduduk miskin di Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2022 mencapai 335,21 ribu jiwa.

Meski angka ini turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 370,67 ribu jiwa, namun tetap tinggi dan menjadi perhatian pemerintah provinsi untuk mengatasinya.

Penduduk miskin tersebut tersebar di 12 kabupaten dan 7 kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Hal ini membuktikan bahwa kemiskinan tidak hanya terjadi di wilayah pedesaan, namun juga di wilayah perkotaan.

Baca Juga: Idaman Para Siswa Lulusan SMP! Daftar SMA Terbaik di Sumatera Barat versi LTMPT, No.1 Sampai 3 dari Padang

Bahkan, terdapat 7 kota termiskin di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan jumlah penduduk miskinnya.

Peringkat pertama kota termiskin di Provinsi Sumatera Barat ternyata bukan Solok atau Bukittinggi, yang selama ini banyak dianggap memiliki jumlah penduduk miskin yang tertinggi.

Ternyata, masih ada kota lainnya yang memiliki angka kemiskinan yang cukup tinggi, bahkan mendekati 100 ribu jiwa. Padahal, jumlah penduduk kota tersebut hanya sekitar 919.145 jiwa pada survei terakhir tahun 2022.

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: BPS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x