Usaha Tidak Laris? Cek 5 Penyebab Produk Jualan Kurang Laku di Pasaran, Jaminan Ludes Dalam Sesaat!

- 25 Mei 2023, 12:57 WIB
Usaha Tidak Laris? Cek 5 Penyebab Produk Jualan Kurang Laku di Pasaran, Jaminan Ludes Dalam Sesaat!
Usaha Tidak Laris? Cek 5 Penyebab Produk Jualan Kurang Laku di Pasaran, Jaminan Ludes Dalam Sesaat! /Tangkapan Layar/Pixabay


CilacapUpdate.com - Sudah berjualan sekian lama, tapi masih merasa lapakmu belum menunjukkan performa maksimal? Bisa saja, semua itu terjadi bukan hanya karena produk jualan yang kurang menarik sebab ada banyak faktor yang perlu kamu perhatikan saat akan memulai usaha.

Misalnya, target pasar dan pengelompokannya sesuai dengan jenis kelamin, usia, pendidikan dan status sosial. Unsur-unsur ini bisa kamu manfaatkan untuk mengenali potensi produk yang akan kamu jual ke depannya.

Jadi, bagaimana caranya mengenali penyebab produk kurang laku di pasaran? Untuk Teman-teman Pelapak yang ingin melakukan evaluasi atau inovasi produk, yuk disimak ulasannya di bawah ini.

 

Baca Juga: Warga Kebumen Jangan Kaget! Gaji 13 PNS di Kabupaten Kebumen Mencapai Angka Fantastis Ini!

1. Riset Pasar

Sebelum menjual produk, upayakan untuk selalu melakukan riset pasar. Langkah ini dilakukan untuk menentukan bentuk pemasaran yang tepat bagi bisnis. Selain itu kamu juga bisa mencari tahu berbagai potensi produk tersebut dalam jangka waktu ke depan.

Riset pasar bisa dengan cara mengumpulkan data informasi yang menjadi sasaran produk. Data tersebut berupa peluang usaha, kebutuhan pasar, tantangan hingga informasi kompetitor/pesaing. Setelah data terkumpul, kamu dapat mengetahui atau menganalisa tren produk, segmen pasar hingga posisi bisnismu di tengah persaingan kompetitor lainnya.

Dengan demikian, kamu bisa mengetahui mana produk yang laku atau tidak. Tes pasar ini dapat dilakukan dengan cara praktis. Misalnya dengan memanfaatkan iklan melalui platform digital seperti Facebook, Google Adwords, Instagram, dan lain sebagainya.

2. Harga Produk

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh

Sumber: Bukalapak


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x