Permintaan Kopi dari Mesir Meningkat di masa Pandemi, Dubes : Perlu Strategi Berkelanjutan

- 7 Januari 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi Kopi : Ekspor Kopi ke Mesir naik selama pandemi
Ilustrasi Kopi : Ekspor Kopi ke Mesir naik selama pandemi /Unsplash/ Brooke Lark


CilacapUpdate.com - Lutfi Rauf, Duta Besar Indonesia untuk mesir menyampaikan, meskipun di masa pandemi Covid-19 saat ini, perdagangan ekspor kopi Indonesia menunjukkan adanya tren peningkatan.

Di lihat dari data BPS, bahwa ekspor kopi Indonesia untuk ke negara mesir pada periode Januari sampai November 2021 sebesar USD 109,80 juta atau naik 67,40 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar USD 65,59 juta.

Oleh sebab itu, menurut dia pada tahun ini 2022 merupakan waktu yang sangat tepat untuk mempererat hubungan ekonomi perdagangan dua negara Indonesia dan mesir.

Baca Juga: Makan Konate Belum Bisa Tampil Membela Persija, Alessio : Pandemi Membuat Proses Lebih Lama

"Hal ini membuktikan tingginya permintaan produk kopi di Mesir sehingga perlu upaya dan strategi berkelanjutan untuk mempertahakan posisi Indonesia di Pasar kopi mesir," terang Dubes Lutfi dikutip dari IDX Chanel.

Moca Coffee adalah perusahaan kopi yang berdomisili di Kawasan Shoubra El khema, dan memusatkan pemasaran kopinya di daerah Delta, Utara Mesir, termasuk ekspor ke beberapa kota di Eropa.

Adapun potensi transaksi per bulan Moca Coffee dari Indonesia sebesar USD 450 ribu dan untuk satu tahun potensi transaksi mencapai USD 5,4 juta.

Baca Juga: Pemuda Curi Mobil Showroom setelah empat hari bekerja, ditangkap saat mau kabur ke Jakarta

Lalu, total perdagangan Indonesia dengan Mesir pada waktu periode Januari-Oktober 2021 sebesar USD 1,50 miliar. Sementara, ekspor Indonesia sebesar USD 1,33 miliar dan impor Indonesia dari Mesir sebesar USD 176 juta.

"Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia surplus USD 1,15 miliar dari Mesir," tukasnya. ***

 

Editor: Faiz Al Makky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x