Pendaftaran PPDB Banten 2024 SMA/SMK Telah Dibuka! Ini Panduan Lengkap, Jadwal, dan Link Pengumuman

- 20 Juni 2024, 15:38 WIB
PPDB Banten 2024 SMA/SMK Dibuka: Raih Masa Depanmu dengan Mendaftar Sekarang! Panduan Lengkap, Jadwal, dan Pengumuman
PPDB Banten 2024 SMA/SMK Dibuka: Raih Masa Depanmu dengan Mendaftar Sekarang! Panduan Lengkap, Jadwal, dan Pengumuman /PPDB Jabar


CilacapUpdate.com - Kabar gembira bagi para calon peserta didik baru di Provinsi Banten! Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten telah resmi membuka Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Banten tahun 2024 untuk jenjang SMA dan SMK.

Proses penerimaan siswa baru ini dimulai sejak tanggal 19 Juni 2024. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar PPDB Banten 2024, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Jalur Penerimaan PPDB Banten 2024

Terdapat perbedaan jalur penerimaan antara jenjang SMA dan SMK. Bagi calon peserta didik SMA, terdapat empat jalur yang dapat dipilih, yaitu:

1. Jalur Zonasi: Jalur ini memprioritaskan calon peserta didik yang berdomisili di wilayah zonasi yang telah ditentukan. Kuota yang disediakan untuk jalur zonasi adalah sebesar 50%.

2. Jalur Afirmasi: Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu atau penyandang disabilitas. Jalur afirmasi menggunakan data dari Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Program Keluarga Harapan (PKH) dengan kuota sebesar 15%.

3. Jalur Perpindahan Orang Tua: Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang orang tuanya pindah tugas ke wilayah Provinsi Banten. Kuota maksimal yang dialokasikan untuk jalur ini adalah 5%.

4. Jalur Prestasi: Jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik. Terdapat kuota sebesar 30% yang disediakan untuk jalur prestasi ini.

Sementara itu, PPDB Banten 2024 jenjang SMK hanya dibuka melalui satu jalur saja, yaitu jalur reguler atau umum.

Baca Juga: Pendaftaran PPDB SMA/SMK Jatim 2024 Tahap 1 Dibuka! Simak Panduan Lengkap Jadwal, Syarat, dan Cara Daftar

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub