Siap-Siap! Pendaftaran PPDB Jakarta 2024 Akan Dimulai, Ini Hal yang Perlu Diketahui

- 22 Mei 2024, 05:27 WIB
Siap-Siap! Pendaftaran PPDB Jakarta 2024 Akan Dimulai, Ini Hal yang Perlu Diketahui./Dok IST
Siap-Siap! Pendaftaran PPDB Jakarta 2024 Akan Dimulai, Ini Hal yang Perlu Diketahui./Dok IST /

CilacapUpdate.com - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta tahun 2024 akan segera dimulai, dan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon siswa yang berencana mendaftar ke SMP, SMA, atau SMK di Jakarta.

Pendaftaran akan dibuka mulai 20 Mei 2024 dan ditutup pada 5 Juni 2024. Calon peserta didik baru diharapkan untuk menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan sesuai dengan jadwal tersebut.

Adapun syarat-syarat prapendaftaran tergantung pada jenjang pendidikan yang diminati. Untuk calon siswa dari berbagai jenjang, beberapa persyaratan umum yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Calon siswa harus berdomisili di Jakarta dan mendaftar paling lambat tanggal 10 Juni 2023.
  2. Lulusan dari luar Provinsi DKI Jakarta harus lulus pada tahun 2022, 2023, atau 2024, sedangkan lulusan dari dalam Provinsi DKI Jakarta harus lulus pada tahun 2022 atau 2023.
  3. Calon siswa tidak boleh terdaftar di satuan pendidikan lainnya atau berasal dari satuan pendidikan asing.

Selain itu, calon peserta didik baru juga harus menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses prapendaftaran, tergantung pada jenjang pendidikan yang diminati.

Baca Juga: Pemkab Cilacap Komitmen Implementasi Sistem Merit, Pastikan ASN Kerja untuk Kepentingan Publik, bukan Politik!

Dokumen-dokumen tersebut meliputi Kartu Keluarga, nilai rapor dari semester 1 hingga semester terakhir, sertifikat akreditasi sekolah, dan surat keterangan peringkat rerata nilai rapor dari sekolah.

Serta sertifikat prestasi akademik dan non-akademik, surat keputusan kepala sekolah tentang susunan pengurus OSIS/MPK dan ekstrakurikuler (jika ada), serta surat pertanggungjawaban mutlak.

Proses prapendaftaran dilakukan secara daring melalui situs resmi Sidanira Jakarta. Pastikan semua dokumen telah lengkap dan diunggah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Calon peserta didik baru disarankan untuk terus memantau situs resmi tersebut untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai PPDB.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah