Evolusi Bandara Megah di Bangka Belitung: Dari Pelabuhan Udara Pangkalpinang hingga Nama Putra Bangsawan

- 28 Oktober 2023, 19:45 WIB
Evolusi Bandara Megah di Bangka Belitung: Dari Pelabuhan Udara Pangkalpinang hingga Nama Putra Bangsawan/Tangkapan Layar/Instagram.com @sepinggan_aeroplanes
Evolusi Bandara Megah di Bangka Belitung: Dari Pelabuhan Udara Pangkalpinang hingga Nama Putra Bangsawan/Tangkapan Layar/Instagram.com @sepinggan_aeroplanes /

CilacapUpdate.com - Bandara megah di Kepulauan Bangka Belitung memiliki sejarah penamaan yang menarik di baliknya. Nama bandara ini telah berubah seiring dengan perjalanan waktu dan memiliki akar yang dalam dalam sejarah daerah ini.

Dalam 81 tahun beroperasi, Bandara Depati Amir telah mengalami transformasi yang luar biasa, menghabiskan sejumlah besar dana untuk mengubahnya menjadi salah satu bandara terbesar dan paling penting di wilayah ini.

Awalnya, bandara ini dikenal sebagai Pelabuhan Udara Pangkalpinang, sebuah fasilitas yang dibangun selama penjajahan Jepang pada tahun 1942.

Selama masa itu, bandara ini memiliki peran penting sebagai pertahanan Jepang dari serangan tentara sekutu.

Namun, pada tahun 1999, bandara ini mengalami perubahan penting dalam sejarahnya. Nama bandara berubah menjadi Bandara Depati Amir, mengambil nama dari seorang putra bangsawan Kepulauan Bangka yang bernama Depati Bahrin.

Depati Amir adalah seorang tokoh berpengaruh di Bangka dan juga seorang Pahlawan Nasional dari wilayah tersebut.

Baca Juga: Transformasi Bandara JB Soedirman: Dari Ditutup Selama Satu Tahun Hingga Era Baru Penerbangan Feeder Umrah

Semangat kepahlawanannya telah dikenal luas di seluruh Kepulauan Bangka Belitung. Dengan perubahan nama ini, bandara ini tidak hanya menjadi pusat transportasi yang penting tetapi juga sebuah monumen yang menghormati warisan kepahlawanan daerah tersebut.

Pengelolaan Bandara Depati Amir diserahkan kepada PT Angkasa Pura II pada tahun 2007, yang membuka jalan bagi perubahan besar dalam infrastruktur bandara.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah