Pemerintah Jadwalkan Bansos Jutaan Rupiah Cair Bulan Ini! KPM Cek Status Penerima PKH dan BPNT Juli-Agustus

- 30 Juni 2024, 06:39 WIB
Bansos PKH dan BPNT Cair Lagi! Yuk Cek Tanggal Pencairan dan Status Penerimanya untuk Juli-Agustus ./
Bansos PKH dan BPNT Cair Lagi! Yuk Cek Tanggal Pencairan dan Status Penerimanya untuk Juli-Agustus ./ /kemensos


CilacapUpdate.com - Kabar gembira bagi para penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dijadwalkan akan kembali menyalurkan bansos untuk periode Juli-Agustus 2024.

Pencairan bansos ini akan dilakukan melalui dua mekanisme, yaitu melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan PT Pos Indonesia. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut mengenai jadwal pencairan bansos PKH dan BPNT untuk periode Juli-Agustus 2024.

Jadwal Pencairan Bansos PKH dan BPNT Melalui KKS

Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar sebagai penerima bansos PKH dan BPNT melalui KKS, pencairan bansos periode Juli-Agustus 2024 diperkirakan akan dimulai pada minggu ketiga atau minggu keempat bulan Juli 2024.

Jadwal ini didasarkan pada pola pencairan pada periode sebelumnya, di mana pencairan bansos membutuhkan waktu 7 hingga 14 hari setelah status SPM (Surat Perintah Membayar) muncul di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

Namun, jika status di aplikasi SIKS-NG sudah menunjukkan SI (Surat Izin Pencairan), maka pencairan bansos hanya membutuhkan waktu 1 hingga 7 hari.

Jadwal Pencairan Bansos PKH dan BPNT Melalui PT Pos Indonesia

Sementara itu, untuk pencairan bansos PKH dan BPNT melalui PT Pos Indonesia, Kemensos belum memberikan jadwal pasti.

Baca Juga: Update Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi: Jembatan Penghubung Antar Desa Rampung Dibangun, Segera Selesai?

Namun, berdasarkan pengalaman pencairan bansos periode sebelumnya, pencairan melalui PT Pos Indonesia cenderung lebih cepat dibandingkan dengan pencairan melalui KKS. Hal ini dikarenakan PT Pos Indonesia memiliki jaringan yang lebih luas hingga ke pelosok daerah.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah