Heboh! Kalimantan Barat Simpan Harta karun Berupa Emas Primer, Potensi Mencapai 541,6 Juta Ton, Dimana?

- 19 April 2024, 17:05 WIB
Heboh! Kalimantan Barat Simpan Harta karun Berupa Emas Primer, Potensi Mencapai 541,6 Juta Ton, Dimana?/Dok. IST
Heboh! Kalimantan Barat Simpan Harta karun Berupa Emas Primer, Potensi Mencapai 541,6 Juta Ton, Dimana?/Dok. IST /

CilacapUpdate.com - Tersembunyi di Bumi Khatulistiwa, Kalimantan Barat menyimpan harta karun berupa emas primer dengan potensi mencapai 541,6 juta ton.

Harta karun ini tersebar di berbagai kabupaten, bagaikan permata yang menanti untuk digali dan diolah menjadi sumber kemakmuran bagi rakyat Indonesia.

Jejak Emas di Tanah Dayak

Sejak jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa, masyarakat Dayak di Kalimantan Barat telah mengenal dan memanfaatkan emas sebagai bagian dari budaya dan ekonomi mereka.

Emas dihormati sebagai simbol martabat dan status sosial, diwariskan turun-temurun, dan diolah menjadi perhiasan indah yang menghiasi tubuh.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) menyadari potensi luar biasa yang tersimpan di perut bumi Kalimantan Barat.

Baca Juga: Terkuak! Desa Emas di Kalimantan Tengah Simpan Harta Karun 40 Juta Ton Emas, Daerah Mana?

Potensi emas primer sebesar 541,6 juta ton ini tersebar di berbagai kabupaten, di antaranya Bengkayang, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu, Landak, dan Melawi.

Saat ini, baru sekitara 12 perusahaan yang tengah melakukan tahap eksplorasi. Namun, peluang untuk memperluas eksplorasi dan eksploitasi masih terbuka lebar.

Ini menjadi kesempatan emas bagi para investor dan pengusaha untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi daerah dan nasional.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah