3 Jalan Tol yang Menyambungkan Nusantara, No 1 Miliki Panjang 116,75 Km hubungkan Cikopo, Subang, Purwakarta!

- 19 April 2024, 09:25 WIB
Ilustrasi Jalan Tol : 3 Jalan Tol yang Menyambungkan Nusantara, No 1 Miliki Panjang 116,75 Km hubungkan Cikopo, Subang, Purwakarta!./Dok PUPR
Ilustrasi Jalan Tol : 3 Jalan Tol yang Menyambungkan Nusantara, No 1 Miliki Panjang 116,75 Km hubungkan Cikopo, Subang, Purwakarta!./Dok PUPR /

CilacapUpdate.com - Mudik ke kampung halaman tak ubahnya bagai petualangan seru yang dinanti-nantikan. Bagi para pemudik di Pulau Jawa, jalan tol menjadi primadona untuk mengantarkan mereka kembali ke pelukan keluarga.

Di antara lautan jalan tol yang membentang di Jawa, terdapat 3 raksasa yang menonjol dengan panjangnya yang luar biasa.

Mereka adalah Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Jalan Tol Solo-Ngawi, dan Jalan Tol Ngawi-Kertosono. Ketiga tol ini tak hanya menjadi urat nadi transportasi, tetapi juga saksi bisu momen mudik yang penuh suka dan duka.

Menjelajahi Raksasa Pertama: Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)

Cipali, sang raksasa sepanjang 116,75 Km ini, merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Cikopo, Subang, Purwakarta, hingga Palimanan. Ia bagaikan jembatan raksasa yang menghubungkan Jabotabek dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Bagi para pemudik, Cipali menjadi primadona karena aksesnya yang mudah ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan koneksi langsungnya dengan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Namun, Cipali juga terkenal dengan tarifnya yang 'lumayan'. Tarif terjauh untuk kendaraan Golongan V mencapai Rp 246.000. Bagi para pemudik, ini menjadi pertimbangan penting dalam mengkalkulasi budget perjalanan.

Baca Juga: Update Harga Motor Honda per April 2024: Genio dan Scoopy Naik, Beat serta Vario Ikutan?

Menaklukkan Raksasa Kedua: Jalan Tol Solo-Ngawi

Jalan Tol Solo-Ngawi, sang raksasa sepanjang 90,43 Km ini, merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Solo di Jawa Tengah dengan Ngawi di Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah