4 Bansos Ini Terus Cair Meski Pemilu Telah Usai, No 1 Besarannya Capai Rp4 Juta!

- 19 Februari 2024, 22:50 WIB
Ilustrasi ; 4 Bansos Ini Terus Cair Meski Pemilu Telah Usai, No 1 Besarannya Capai Rp4 Juta./Dok
Ilustrasi ; 4 Bansos Ini Terus Cair Meski Pemilu Telah Usai, No 1 Besarannya Capai Rp4 Juta./Dok /

CilacapUpdate.com - Pada tahun ini, Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara aktif menyalurkan Bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat miskin.

Menariknya, program bansos ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, tetapi juga berlangsung di tengah-tengah masa Pemilu 2024.

Berikut adalah beberapa program bansos yang terus dicairkan meski Pemilu 2024 selesai:

  1. Program Keluarga Harapan (PKH):

    • PKH merupakan bantuan tahunan yang diberikan oleh pemerintah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Bantuan ini diberikan secara berkala empat kali setahun atau setiap kuartal, mencakup klaster kesehatan, pendidikan, dan lansia.
    • PKH Kesehatan: Bantuan tunai Rp3 juta per tahun untuk ibu hamil dan anak balita.
    • Klaster Pendidikan: Bantuan tunai Rp900 per tahun untuk SD, Rp1,5 juta per tahun untuk SMP, dan Rp2 juta per tahun untuk SMA.
    • PKH Lansia dan Disabilitas: Bantuan Rp2,4 juta per tahun.
  2. Bantuan Pangan Nontunai (BPNT):

    • Bansos ini memberikan bantuan Rp200 ribu per bulan kepada masyarakat yang diberikan setiap dua bulan atau sebesar Rp400 ribu per pencairan. Pencairan dilakukan secara bertahap dalam enam tahapan atau dua bulan sekali.
  3. Bansos Beras:

    • Program bantuan beras 10 kg per bulan untuk setiap keluarga yang terdaftar. Pencairan Bansos beras ini dipastikan oleh Presiden Jokowi akan dilakukan pada Januari, Februari, dan Maret tahun ini.
  4. Bantuan Ganti Rugi Petani:

    • Presiden Jokowi menegaskan pemberian ganti rugi kepada petani yang mengalami gagal panen akibat banjir. Bantuan ini berkisar antara Rp122 juta hingga Rp200 juta per kelompok tani, dan pencairannya akan dilakukan segera.

Meskipun bansos memiliki dampak positif dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, namun keberlangsungan program ini juga rawan dimanfaatkan untuk kepentingan politik menjelang Pemilu.

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengingatkan agar penyaluran bansos tidak dipolitisasi.

Halaman:

Editor: Lutfi Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x