Bunga 0,2%, Penyaluran KUR BRI Capai Rp 126 Triliun ke 2,3 Juta Debitur: Syarat & Tabel Angsuran KUR BRI 2024

- 10 Januari 2024, 09:00 WIB
Bunga 0,2%, Penyaluran KUR BRI Capai Rp 126 Triliun ke 2,3 Juta Debitur: Syarat & Tabel Angsuran KUR BRI 2024
Bunga 0,2%, Penyaluran KUR BRI Capai Rp 126 Triliun ke 2,3 Juta Debitur: Syarat & Tabel Angsuran KUR BRI 2024 /

CilacapUpdate.com - Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) terus menunjukkan pertumbuhan signifikan pada 2023 lalu, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadi salah satu kontributor utama dalam penyaluran KUR 2023.

Dapatkan insight mengenai syarat pengajuan KUR BRI tahun 2023 dan catatan mengenai plafon serta tabel angsuran KUR BRI 2023 sebelum Anda mengajukan permohonan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan bahwa realisasi penyaluran KUR hingga 31 Juli 2023 mencapai Rp 126,3 triliun yang telah disalurkan kepada 2,3 juta debitur.

Rasio Kredit Bermasalah (Non Performing Loan/NPL) gross KUR tetap terjaga pada angka rendah, yaitu 1,63%, dari capaian produksi sebesar 55,4% dan graduasi sebesar 52%.

"Aktivitas penyaluran KUR saat ini menunjukkan tren positif sepanjang tahun ini," ujar Airlangga seperti yang dilaporkan Antara pada Agustus 2023.

Airlangga menyoroti pertumbuhan penyaluran KUR yang didorong oleh kenaikan kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebesar 7,61% YoY. Upaya pemerintah untuk mendorong pelaku UMKM memanfaatkan KUR terus memberikan dampak positif, menghilangkan hambatan modal bagi UMKM untuk berkembang.

"Skema KUR menawarkan bunga rendah karena mendapat subsidi dari Menteri Keuangan, sehingga bunga yang dikenakan sangat terjangkau," tambahnya.

Ferry Irawan, Plt Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, menegaskan bahwa selain peningkatan jumlah penyaluran KUR, terjadi peningkatan kualitas baik dari sektor produksi maupun jumlah debitur yang mengalami graduasi.

Syarat pengajuan KUR BRI, menurut website Bri.co.id, terbilang mudah. Dengan mengajukan KUR di BRI, Anda dapat memperoleh pinjaman mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. BRI adalah salah satu bank yang dipercayakan untuk menyalurkan KUR pada tahun 2023. Berikut rincian syarat dan cara pengajuan KUR BRI 2023:

Halaman:

Editor: Muhammad Nasrulloh

Sumber: BRI.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x