Waspada! Daftar 50 Pinjol Ilegal Tanpa Verifikasi Wajah, Ini Risiko dan Langkah Perlindungan

- 2 Januari 2024, 14:37 WIB
Waspada! 50 Pinjol Ilegal Tanpa Verifikasi Wajah, Ini Risiko dan Langkah Perlindungan/Dok Youtube
Waspada! 50 Pinjol Ilegal Tanpa Verifikasi Wajah, Ini Risiko dan Langkah Perlindungan/Dok Youtube /

CilacapUpdate.com - Meminjam uang kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, cukup lewat layar smartphone Anda. Namun, kenyamanan ini bisa menjadi pedang bermata dua bila tidak disikapi dengan bijak.

Pinjaman online, atau yang akrab disebut pinjol, telah menjadi tren di tengah masyarakat. Sayangnya, tak sedikit di antara mereka yang ilegal dan tidak memerlukan verifikasi wajah.

Pada tahun 2023, Satgas Waspada Investasi (SWI) menemukan 85 platform pinjol ilegal yang menawarkan berbagai kemudahan, salah satunya adalah proses pinjaman tanpa verifikasi wajah.

Ini berarti, hanya dengan beberapa klik, Anda bisa mendapatkan pinjaman uang.

Meski terdengar menggiurkan, tapi perlu diingat bahwa banyak risiko tersembunyi di balik kemudahan tersebut.

Risiko Pinjol iIlegal

Berikut adalah beberapa risiko pinjol ilegal tanpa verifikasi wajah:

- Data pribadi Anda bisa jatuh ke tangan yang salah dan disalahgunakan. Pinjol ilegal seringkali tidak memiliki sistem keamanan yang baik, sehingga data pribadi Anda bisa bocor dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

- Bunga pinjaman yang tinggi seringkali tidak disampaikan secara transparan. Pinjol ilegal biasanya mengenakan bunga pinjaman yang tinggi, bahkan hingga ratusan persen. Hal ini bisa membuat Anda terjerat dalam jeratan utang yang sulit untuk dilunasi.

SWI, sebagai lembaga yang berupaya mencegah penyebaran investasi dan pinjol ilegal, terus menggali informasi terbaru menggunakan metode crawling data.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x