Ada 41 Daftar Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Suku Bunga 6 Persen dan Plafon Hingga Rp500 Juta

- 24 Desember 2023, 08:00 WIB
Ada 41 Daftar Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Suku Bunga 6 Persen dan Plafon Hingga Rp500 Juta
Ada 41 Daftar Bank Penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Suku Bunga 6 Persen dan Plafon Hingga Rp500 Juta /

CilacapUpdate.com - Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pemerintah yang memberikan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pembiayaan ini disalurkan melalui bank penyalur yang sudah ditentukan dengan pola penjaminan.

Program ini bertujuan untuk memberikan support pada UMKM yang dinilai produktif namun masih membutuhkan suntikan modal agar lebih berkembang.

Area yang dicakup oleh program ini adalah berbagai macam bentuk usaha baik itu pertanian, perindustrian, perikanan dan kelautan, kehutanan atau bahkan usaha jasa simpan pinjam.

Jenis Kredit Usaha Rakyat

KUR terdiri dari beberapa jenis yang disesuaikan dengan target penerimanya. Berikut jenis-jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang perlu kamu tahu:

KUR Mikro

KUR mikro adalah jenis kredit usaha rakyat yang diperuntukkan untuk usaha kecil berskala mikro. Besar pinjaman maksimal atau plafon kreditnya dibatasi hanya sampai Rp25 juta, namun bisa saja berbeda, tergantung dari kebijakan bank penyalurnya.

KUR Retail

Segmen dari KUR Retail adalah usaha kelas menengah yang mampu membayar cicilan dan bunga flat atau anuitas. Dari segi target, KUR Mikro dan KUR Retail jelas berbeda, jadi maksimal pinjaman modalnya pun terpaut jauh yaitu mencapai Rp500 juta.

KUR Tenaga Kerja Indonesia

KUR Tenaga Kerja Indonesia berbeda dari kedua jenis KUR sebelumnya. Bantuan permodalan yang diberikan pemerintah ini tidak menyasar pelaku usaha. Seperti namanya, KUR Tenaga Kerja Indonesia dibuat untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.

Tujuan KUR

Secara umum keberadaan KUR bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengakses permodalan.

Majunya UMKM yang merupakan bagian penting dalam roda perekonomian negara akan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan sehingga mengurangi angka kemiskinan.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x