Panduan Lengkap: Mengatasi Masalah Galbay (Gagal Bayar) Pinjol agar DC Tidak Meneror Utang dan BI Checking OJK

- 31 Oktober 2023, 02:30 WIB
Ilustrasi Panduan Lengkap: Mengatasi Masalah Galbay (Gagal Bayar) Pinjol agar DC Tidak Meneror Utang dan BI Checking OJK/Tangkapan Layar/play.google.com
Ilustrasi Panduan Lengkap: Mengatasi Masalah Galbay (Gagal Bayar) Pinjol agar DC Tidak Meneror Utang dan BI Checking OJK/Tangkapan Layar/play.google.com /

CilacapUpdate.com - Memiliki utang adalah tantangan yang sering dihadapi oleh banyak orang yang terpaksa meminjam uang.

Namun, yang terpenting adalah bagaimana kita mengelola utang tersebut dengan baik, sehingga kita tidak mengalami galbay (gagal bayar) pada pinjaman, baik itu dari pihak perorangan maupun pinjol (pinjaman online).

Masalah galbay, yang merupakan singkatan dari gagal bayar, seringkali dijumpai dalam dunia fintech (financial technology).

Baca Juga: Update Besar Google Maps Bawa Fitur AI, Alat Navigasi Generasi Berikutnya: Immersive View

Hal ini bisa mengakibatkan sejumlah masalah, termasuk penagihan utang oleh kolektor atau debt collector yang dapat membuat nasabah merasa stres dan terhina di depan umum.

Meskipun ada risiko yang melekat, masih banyak orang yang tidak takut untuk menggunakan layanan pinjaman online, terutama karena kemudahan dalam pengajuan dan persyaratan yang tidak terlalu rumit.

Namun, penting untuk memahami risikonya. Selain dari penagihan oleh debt collector, jika Anda mengalami galbay pada pinjaman online, skor BI Checking Anda di SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan - Otoritas Jasa Keuangan) juga akan terpengaruh.

Skor BI Checking yang terganggu dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan pinjaman di bank atau lembaga keuangan lain, bahkan mungkin juga mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengajukan KPR rumah.

Untuk itu, bagi Anda yang berada dalam situasi kepepet dari segi keuangan, sangat penting untuk mempertimbangkan kapasitas Anda dalam membayar cicilan pinjol secara tepat waktu dan hanya mengajukan jumlah pinjaman yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Baca Juga: Hadiri Acara Thank You Team Korea, Ahn Se Young Sampaikan Alasan Kenapa Tolak Interview 

Halaman:

Editor: Siyam

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x