Merana: Kurs Rupiah Melemah, Bank Terkemuka di Indonesia Menawarkan Kurs Dolar AS Hari Ini

- 13 Oktober 2023, 14:17 WIB
Merana: Kurs Rupiah Melemah, Bank Terkemuka di Indonesia Menawarkan Kurs Dolar AS Hari Ini/Ilustrasi Uang/Tangkapan Layar/Freepik.com @Skata
Merana: Kurs Rupiah Melemah, Bank Terkemuka di Indonesia Menawarkan Kurs Dolar AS Hari Ini/Ilustrasi Uang/Tangkapan Layar/Freepik.com @Skata /

CilacapUpdate.com - Berita ini mencerminkan keadaan terkini dari nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di Indonesia, disertai dengan perbandingan kurs dolar AS di beberapa bank terkemuka di negara ini.

Pada Jumat, 13 Oktober 2023, rupiah melemah bersama mayoritas mata uang Asia. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dibuka pada level Rp15.725, dan ini adalah salah satu dari beberapa mata uang kawasan Asia Pasifik yang mengalami pelemahan serupa.

Won Korea Selatan turun 0,85%, dolar Taiwan turun 0,31%, peso Filipina turun 0,30%, rupee India turun 0,07%, dan yuan China turun 0,03%. Mata uang negara tetangga seperti ringgit Malaysia turun 0,47%, dan baht Thailand turun 0,29%.

Baca Juga: Perkembangan Kurs Dollar Hari Ini: Nilai Tukar Dolar Amerika Serikat dari Bank BCA dan Mandiri

Penurunan nilai tukar rupiah ini memiliki sejumlah faktor yang memengaruhinya. Salah satunya adalah risalah pertemuan terakhir The Fed yang dirilis pada Rabu (11/10/2023).

Risalah ini menunjukkan sebagian besar pengambil kebijakan Bank Sentral AS sepakat untuk menaikkan suku bunga sekali lagi karena tren inflasi terus meningkat di atas target.

Selain itu, terjadi kenaikan tajam imbal hasil obligasi pemerintah AS, yang disebut oleh beberapa pejabat Fed sebagai faktor yang dapat mengakhiri siklus kenaikan suku bunga AS.

Baca Juga: Syarat dan Jenis-Jenis KUR BRI 2023 di Kabupaten Sidoarjo: Ajukan KUR BRI 2023 Rp100 Juta Sekarang!

Namun, dari dalam negeri, pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) berhasil menjaga inflasi pada level yang terkendali.

Suku bunga acuan tetap dipertahankan pada level 5,75 persen sejak Januari 2023. Pemerintah juga optimistis untuk menyerap investasi hingga mencapai target Rp1.400 triliun sepanjang tahun 2023.

Halaman:

Editor: Siyam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x