Bandara Dhoho: Investasi Besar PT Gudang Garam di Jawa Timur, Bakal Mengubah Permainan Transportasi?

- 7 Oktober 2023, 06:25 WIB
Bandara Dhoho: Investasi Besar PT Gudang Garam di Jawa Timur, Bakal Mengubah Permainan Transportasi?/Dok. Instagram.com @airportadventure.id
Bandara Dhoho: Investasi Besar PT Gudang Garam di Jawa Timur, Bakal Mengubah Permainan Transportasi?/Dok. Instagram.com @airportadventure.id /

CilacapUpdate.com - Cerita ini membahas rencana pembangunan sebuah bandara baru yang besar di Jawa Timur, yang dibiayai oleh perusahaan rokok terkemuka PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya, PT Surya Dhoho Investama.

Dengan biaya proyek mencapai lebih dari Rp10 triliun, bandara ini diharapkan akan membuka peluang baru bagi wilayah Jawa Timur, meskipun lokasinya berada di luar Surabaya, yaitu di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri.

Pembangunan bandara ini merupakan contoh kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) yang menarik.

Proyek ini memiliki skala yang sangat besar, dengan luas lahan mencapai 371 hektar. Bandara ini akan dilengkapi dengan fasilitas modern, seperti landasan pacu, apron, taxiway, dan terminal penumpang yang mampu menampung 1,5 juta penumpang per tahun.

Baca Juga: Jawa Timur Heboh! Penawaran Pinjaman Online Palsu Mengatasnamakan Pondok Pesantren Al-Falah Sumber Malang

Keputusan PT Gudang Garam untuk berinvestasi dalam pembangunan bandara ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap pengembangan infrastruktur di Jawa Timur.

Selain itu, bandara ini akan menjadi yang pertama di Indonesia yang dibangun oleh perusahaan swasta, menciptakan preseden penting dalam sejarah penerbangan di Indonesia.

Selain menggambarkan detail teknis proyek, artikel ini juga membahas dampak positif yang diharapkan dari pembangunan Bandara Dhoho.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan, percaya bahwa bandara ini akan menjadi episentrum baru bagi Jawa Timur, selain Surabaya. Ini akan membuka peluang baru untuk pertumbuhan ekonomi, pariwisata, dan konektivitas di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x