Provinsi Maluku Memiliki Empat Kabupaten dengan Persentase Penduduk Miskin Tinggi, Kepulauan Aru Salah Satunya

- 20 September 2023, 18:47 WIB
Provinsi Maluku Memiliki Empat Kabupaten dengan Persentase Penduduk Miskin Tinggi, Kepulauan Aru Salah Satunya/Ilustrasi Penduduk Miskin /Tangkapan layar Instagram.com/@chattisgarhwale
Provinsi Maluku Memiliki Empat Kabupaten dengan Persentase Penduduk Miskin Tinggi, Kepulauan Aru Salah Satunya/Ilustrasi Penduduk Miskin /Tangkapan layar Instagram.com/@chattisgarhwale /

CilacapUpdate.com - Provinsi Maluku, yang terletak di wilayah Indonesia Timur, menghadapi tantangan serius dalam hal kemiskinan. Data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 mengungkapkan bahwa ada empat kabupaten di provinsi ini yang memiliki persentase penduduk miskin di atas 22 persen.

Total jumlah penduduk miskin di Provinsi Maluku mencapai 290,57 ribu jiwa, setara dengan 15,97 persen dari total penduduk provinsi ini.

Namun, yang mengejutkan adalah bahwa persentase penduduk miskin tertinggi di Provinsi Maluku mencapai 27,64 persen, sementara yang terendah adalah 4,68 persen.

Kota Ambon, yang juga merupakan ibukota Provinsi Maluku, memuncaki daftar dengan persentase penduduk miskin terendah.

Dari total penduduk Kota Ambon yang mencapai 348.225 jiwa, hanya 4,68 persen atau sekitar 22,58 ribu jiwa yang dikategorikan sebagai penduduk miskin.

Baca Juga: Yandex Live Streaming Bola Sevilla vs Lens di UCL, 21 September 2023 Malam Ini Kick Off 02.00 WIB!

Namun, pertanyaan yang mungkin muncul adalah apakah Kabupaten Kepulauan Aru, salah satu kabupaten di Provinsi Maluku, adalah yang memiliki persentase penduduk miskin tertinggi?

Menurut data yang diambil dari Buku Provinsi Maluku Dalam Angka Tahun 2023, Kabupaten Kepulauan Aru memang masuk dalam empat besar kabupaten dengan persentase penduduk miskin tertinggi di Provinsi Maluku.

Namun, persentase penduduk miskin di Kabupaten Kepulauan Aru, meskipun signifikan, tidaklah mencapai angka tertinggi.

Halaman:

Editor: Achmad Ade Salim Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x